WiFi Bersimbol % Bisa Hilangkan Jaringan iPhone

IN
Oleh inilahcom
Selasa 06 Juli 2021
share
 

INILAHCOM, San Francisco - Baru-baru ini ditemukan bahwa nama jaringan WiFi yang memiliki simbol persen (%) rupanya bisa menghilangkan jaringan baik di iPhone maupun perangkat dengan sistem operasi iOS lainnya.

Carl Schou, peneliti yang menemukan fakta itu, mencuit melalui akun Twitter-nya mengenai fitur WiFi di iPhone dan perangkat iOS yang menghilang jika nama jaringan WiFi itu mengandung simbol persen (%).

"Anda bisa secara permanen menghilangkan jaringan WiFi untuk semua perangkat iOS dengan nama WiFi '%secretclub%power. Bahkan mengatur ulang jaringan pun tidak menjamin layanannya kembali berfungsi," kata Schou, seperti dilansir The Verge.

Beberapa pekan sebelumnya, Schou bersama timnya yang bernama Secret Club menemukan bahwa jika iPhone terhubung dengan jaringan yang memiliki simbol persen (%) justru menimbulkan 'bug' pada sistem operasi ponsel itu.

Selain itu, layanan yang terhubung dengan jaringan seperti AirDrop juga ikut bermasalah dan tidak bisa digunakan jika sudah terhubung dengan jaringan yang dinamai dengan simbol persen.

Ada pun penjelasan yang paling masuk akal untuk menjawab itu adalah fakta bahwa simbol persen (%) merupakan salah satu simbol yang digunakan dalam bahasa pemrograman.

Dalam bahasa pemrograman C#, simbol persen (%) merupakan simbol penentu. Bisa saja subsistem WiFi meneruskan nama jaringan itu dan menyebabkan kerusakan memori pada ponsel iOS.

Oleh karena itu untuk menghindari kondisi tak bisa dihubungkannya iPhone atau pun perangkat iOS dengan jaringan internet baiknya anda tidak menggunakan WiFi dengan nama yang mengandung simbol persen (%).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA