https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   21 July 2021 - 15:00 wib

Roket New Shepard Diejek Mirip Penis, Ini Faktanya

berita-profile

Inilah

0

0

MILIARDER Jeff Bezos sukses melakukan perjalanan ke luar angkasa bersama tiga orang lainnya dengan menggunakan roket bernama New Shepard milik Blue Origin, perusahaan antariksa swasta besutan Bezos sendiri.

Roket tersebut lepas landas dari situs peluncuran pribadi Launch Site One di dekat Van Horn, Texas, AS, pada Selasa (20/7/2021) waktu setempat.

Dengan menggunakan roket itu, Jeff Bezos bersama saudara laki-lakinya Mark Bezos, penerbang perempuan Wally Funk, dan konsumen berbayar perdana Oliver Daemen yang baru berusia 18 tahun, pergi ke luar angkasa selama 10 menit 10 detik.



Ada sejumlah fakta menarik tentang roket New Shepard. Apa saja?

- New Shepard diejek mirip penis

Roket buatan Blue Origin ini sempat menjadi bahan olok-olokan. Banyak orang tersita perhatiannya dengan bentuknya yang dianggap 'unik', di antaranya penyiar televisi Australia, Karl Stefanovic dan Allison Langdon.

"Apakah Anda tahu apa yang mereka sebut (untuk roket) itu?" kata Stefanovic pada rekannya, Langdon pada Juni 2021.

Tak berapa lama kemudian, potongan gambar roket New Shepard beredar di media sosial Twitter. Sontak kemunculannya direspons warganet. Tak sedikit netizen menyebut bentuk roket mirip alat kelamin pria atau penis.



- Roket suborbital

New Shepard merupakan roket suborbital yang lepas landas secara vertikal untuk mencapai titik ketinggian yang diinginkan sebelum kembali ke Bumi. Hal ini bakal memberikan pengalaman lebih singkat, namun berkecepatan lebih tinggi.

Pesawat ini juga bisa mengantar penumpang lebih tinggi puluhan kilometer di atas permukaan Bumi. Hal ini membuat penumpang akan merasakan durasi tanpa gravitasi lebih lama jika dibandingkan dengan pesawat Richard Branson, Virgin Galactic, yang menuntaskan misi luar angkasa belum lama ini.

New Shepard juga dilaporkan 15 kali melakukan uji terbang tanpa awak, dan menurut rencana akan kembali digunakan untuk proyek berwisata ke luar angkasa dekade ini.



- Mampu mengangkut enam orang

New Shepard disebut dapat membawa penumpang hingga enam orang, namun saat penerbangan Bezos hanya membawa tiga orang lainnya dalam perjalanan perdana itu.

Ketiga orang itu yakni saudaranya, Mark Bezos, seorang penerbang wanita berusia 82 tahun Wally Funk, dan seorang remaja lulusan SMA berusia 18 bernama Oliver Daemen.



- Roket dan kapsul terpisah di udara

Roket dan kapsul akan diletakkan di landasan peluncuran milik Blue Origin di pedesaan Texas, dekat van Horn, 120 mil dari timur El Paso.

Peluncuran suborbital New Shepard memiliki kecepatan mencapai tiga kali kecepatan suara, diprediksi sekitar 3.595 km/jam dan langsung terbang ke atas sampai roket menghabiskan sebagian besar bahan bakarnya.

Kapsul kemudian terpisah dengan roket peluncur dan kapsul akan meluncur ke tepi luar angkasa sebelum melayang-layang. Hal tersebut yang memberikan sensasi penumpang beberapa menit tanpa gravitasi.



- Misi tuntas dalam 10 menit

Pada misi ini New Shepard hanya 10 menit 10 detik berada di luar angkasa, namun itu cukup untuk menikmati sensasi sebagai astronot dalam waktu singkat.

New Shepard hanya naik ke tepi luar ruang angkasa dan kembali lagi ke Bumi dalam waktu 11 menit.



- New Shepard siap jadi ladang uang baru Bezos

Bezos yang merupakan pemilik Amazon.com disebut telah mendirikan Blue Origin pada 2000. Ia ingin mengembangkan teknologi roket sebagai basis bisnis, dalam artian perjalanan luar angkasa berbayar.



 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan