Software Absensi Karyawan Online Berbasis Cloud

IN
Oleh inilahcom
Rabu 21 Juli 2021
share
 

Teknologi digital sudah semakin maju dan berkembang, tidak hanya merambah dunia sains saja tetapi juga merambah ke dunia bisnis dan sumber daya manusia. Salah satunya software absensi karyawan online berbasis cloud, dimana kapasitasnya sangat memenuhi syarat untuk menyimpan ribuan data karyawan.

Artikel ini akan membahas satu persatu rekomendasi software absensi karyawan online berbasis cloud yang dibutuhkan perusahaan. Namun sebelumnya, apa itu Software Absensi karyawan berbasis cloud?

Di era zaman serba teknologi seperti sekarang kini, semua keperluan sudah tersedia secara digital, sehingga semua keperluan pekerjaan atau pribadi bisa tersedia memakai fasilitas online. Misalnya saja mulai dari kebutuhan perlengkapan rumah, sampai kebutuhan jasa transportasi bisa didapatkan hanya dengan bermodal aplikasi.

Begitu juga dengan perusahaan yang mulai melakukan kegiatan bisnisnya menggunakan fasilitas serba online, salah satunya yaitu dengan adanya absensi online atau software absensi karyawan online.

Sehingga sudah mulai meninggalkan absensi manual yang hanya memakai catatan tanda tangan saja, dan perlu Anda ketahui bahwa absensi online yang saat ini banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan modern banyak yang berbasis cloud. Tahukah Anda bahwa sistem cloud atau cloud computing ini merupakan gabungan fasilitas teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer.

Dengan software berbasis cloud untuk mengelola operasional bisnis perusahaan maka bisa memberikan keuntungan tersendiri. Berikut kelebihan memakai software absensi karyawan online berbasis cloud.
1. Sistem Keamanan yang lebih Tinggi
Sebuah perusahaan yang sudah cukup besar biasanya sangat mementingkan keamanan penyimpanan data perusahaan. Karena data perusahaan dan karyawan adalah menjadi aset penting yang harus dilindungi. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa memakai sistem cloud, karena sistem cloud menggunakan jaringan internasional dengan data yang terpusat dan dapat di-back up, sehingga data dapat dipulihkan kembali jika rusak maupun hilang. Jika Anda perhatikan server yang sudah memakai sistem cloud salah satunya adalah perusahaan Amazon Web Service (AWS) dan Windows Azure.

2. Mampu Menghemat Biaya
Kelebihan lainnya menggunakan software absensi karyawan online berbasis cloud adalah hemat biaya maintenance dan biaya operasional. Menggunakan software berbasis cloud, tentu saja banyak sekali efisiensi biaya yang bisa dikurangi, sehingga hemat dalam pemakaian anggaran perusahaan. Perusahaan Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk maintenance dan tenaga IT.

3. Software Sangat Efisien dan Mudah Digunakan
Bagi Perusahaan yang berinovasi menggunakan aplikasi absensi online berbasis cloud, akan memberikan kemudahan bagi tim HRD untuk melihat kinerja karyawan berdasarkan kehadirannya secara detail. Tidak hanya itu, HRD juga dapat dengan mudah melihat tunjangan dan gaji karyawan, hingga dapat memantau aset perusahaan yang diberikan pada karyawan seperti kendaraan dinas.

Bukan hanya untuk tim HRD, software absensi online berbasis cloud ini juga akan memberikan kemudahan bagi karyawan. Karena pada aplikasi tersebut, karyawan dapat melihat riwayat kerjanya dan dapat mengajukan permohonan cuti dengan lebih praktis.

Manfaat Aplikasi Absensi Karyawan Bagi Perusahaan
Dunia bisnis tidak hanya sebatas penjualan dan transaksi saja, namun operasional perusahaan dan karyawan juga perlu mendapat perhatian serius, salah satunya adalah dengan memperhatikan sistem absensi karyawan, agar kinerjanya semakin meningkat.

Memang terkadang hal ini terdengar tidak begitu penting sehingga membuat banyak perusahaan lebih menggunakan absensi secara manual dibandingkan dengan sistem absensi berbasis aplikasi. Padahal dengan menggunakan cara manual akan menimbulkan banyak celah kecurangan yang dapat berimbas kepada produktivitas dalam perusahaan tersebut.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut perusahaan perlu menggunakan aplikasi absensi agar data absensi karyawan dapat dikelola dengan baik dan benar tanpa adanya kecurangan yang dapat dengan mudah dilakukan oleh karyawan.

Inilah sejumlah rekomendasi software absensi online berbasis cloud
1. Talenta by Mekari
Software absensi berbasis cloud yang satu ini selalu menawarkan tampilan yang clean dan mudah untuk diakses, Software Talenta by Mekari hadir dengan fitur absensi yang dapat diintegrasikan dengan mesin fingerprint. Melalui aplikasi Talenta by Mekari, manager HR dapat dengan mudah menerima atau menolak permintaan cuti karyawan, beserta keperluan administrasi lain yang biasanya membutuhkan proses approval yang cukup memakan waktu.

Harga yang ditawarkan oleh Talenta by Mekari pun beragam, sesuai dengan besarnya perusahaan. Talenta by Mekari membagi harga dalam tiga paket, yaitu basic, mid-size, dan enterprise. Masing-masing paket tentunya memiliki keuntungan yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan bisnis.

2. Software Sleekr
Software yang mulai diluncurkan sejak tahun 2015 ini, adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh HRD maupun Accounting perusahaan. Kabarnya aplikasi Sleekr inilah yang dianggap mampu mempermudah urusan pengelolaan absensi oleh HR maupun langsung oleh karyawan.

Sleekr dapat digunakan oleh HR Admin maupun HR Manager dalam mengelola absensi karyawan secara praktis dan mudah. Begitu pula dengan karyawan, mereka dapat dengan mudah mengetahui dan mengontrol absensi hingga mengurus cuti tahunan dalam satu aplikasi.

Selain dapat mengelola absensi karyawan, Sleekr juga menyediakan layanan perhitungan payroll, perhitungan pajak penghasilan hingga SPT, klaim, overtime atau lembur, dan database karyawan. Hingga saat ini, Sleekr sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia seperti Tokopedia, Halodoc, dan Go-Life.

3. Software Time Doctor
Time Doctor memungkinkan pengguna memasukkan waktu yang dihabiskan untuk setiap proyek dan menghitung jam kerja mereka yang dapat ditagih dan tidak dapat ditagih. Fitur pemantauan layar melaporkan aktivitas karyawan melalui tangkapan layar. Solusi ini juga dapat membantu pengguna untuk melacak waktu yang dihabiskan untuk obrolan, rapat, panggilan, penggunaan internet, dan aktivitas lainnya. Fungsi penggajian memungkinkan bisnis untuk merekam jam kerja karyawan dan menghasilkan slip gaji mingguan dan bulanan.

Aplikasi seluler tersedia untuk perangkat Android dan iOS dan platform ini juga terintegrasi dengan berbagai manajemen proyek dan perangkat lunak akuntansi termasuk JIRA, Salesforce, Basecamp, dan Slack.

Solusi ini tersedia berdasarkan langganan per pengguna per bulan dan menawarkan dukungan pelanggan multibahasa melalui email, telepon, obrolan langsung, dan meja bantuan online.

4. Aplikasi FreshTeam
Pada aplikasi ini ada fitur khusu buat kalender, daftar hari libur, atau minggu kerja khusus dengan cepat untuk digunakan sebagai bagian dari kebijakan waktu istirahat Anda.

Kebijakan waktu istirahat khusus
Buat kebijakan yang paling sesuai dengan organisasi Anda. Jika diperlukan, bahkan satu untuk setiap wilayah, shift atau tim.

Alur persetujuan
Semua permintaan cuti karyawan akan dikirim ke manajer pelaporan (dengan salinan yang ditandai ke HR) untuk minta persetujuan.

Dasbor waktu istirahat
Dasbor ini akan memberi tahu Anda setiap permintaan cuti yang tertunda, cuti yang akan datang, tren cuti berdasarkan bulan, dan banyak lagi.

Layanan mandiri untuk karyawan
Karyawan Anda dapat mengajukan permintaan cuti atau melaporkan waktu pribadi secara langsung melalui Freshteam.

Tinggalkan tren
Manajer dapat memperkirakan cuti yang akan datang untuk merencanakan minggu kerja mereka atau melihat tren ketidakhadiran yang perlu diperhatikan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA