https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 July 2021 - 16:00 wib

Jaringan 5G Butuh Pemerataan Infrastruktur

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Teknologi jaringan 5G merupakan generasi kelima dari layanan teknologi komunikasi yang mempunyai kemampuan lebih baik dari 4G. Untuk itu, pemerataan layanan teknologi jaringan 5G ke seluruh pelosok Indonesia sangatlah penting saat ini.

Kehadiran layanan 5G diyakini lebih efesien, menghilangkan batasan antar industri, ikut membantu memulihkan perekonomian dan membuka peluang usaha rakyat di tegah pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, Dr. Ismail, Dalam diskusi virtual yang digelar Rumah Milenial Indonesia bertajuk 'Optimalisasi Layanan 5G di Era Transformasi Digital guna mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional'.

"Jangan kita bangun infrastruktur penunjang layanan 5G tapi kemudian yang gunakan adalah operator dari pihak negara lain," kata Ismail.


Sementara itu, Ketua Umum Masyarakat Telekomunikasi Indonesia, Sarwoto Atmosutarno mendorong generasi milenial menjadi ujung tombak dunia digital Indonesia. Pasalnya, teknologi 5G dapat memunculkan peluang bagi para pelaku usaha ekonomi digital, lewat kecepatan jaringan dan akses informasi yang lebih cepat.


"Sangat penting memperkuat infrastruktur 5G hingga ke pelosok Indonesia sehingga dapat muncul pelaku bisnis digital lewat dari daerah pelosok Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, Anggawira mengatakan layanan 5G membawa harapan baru bagi pelaku usaha. Sebab kebutuhan akan data dan informasi menjadi kebutuhan primer dunia usaha.

"Pelaku usaha harus tetap survive di masa pandemi ini, lalu pemerintah perlu menyiapkan kebijakan yang tepat untuk mengawal era digital ini, tentunya kita berharap ke depan pasar domestik kita bisa di dominasi oleh pelaku ekonomi digital dalam negeri," pungkasnya.

Diketahui, teknologi 5G menawarkan  banyak keunggulan dibandingkan jaringan  saat ini yang sedang digunakan yakni 4G.

Diklaim jaringan 5G mampu mentransmisikan data 10-100 kali lebih cepat dibandingkan teknologi 4G. Sehingga semua aktivitas yang menggunakan jaringan internet berjalan lebih cepat tanpa hambatan. [wll]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan