https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   30 July 2021 - 14:14 wib

Spesifikasi Laptop Merah Putih Disorot, Ada Apa?

Pemerintah punya target menciptakan barang elektronik sendiri termasuk Pengadaan komputer jinjing (laptop) buatan anak bangsa untuk pelajar, menjadi sorotan belakangan ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong produksi yang dinamai Laptop Merah Putih tersebut melalui pembentukan konsorsium perguruan tinggi dalam negeri.

Konsorsium terdiri atas Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Indonesia.

Netizen pun ramai-ramai menyoroti anggaran pengadaan Laptop Merah Putih dan memperhatikan spesifikasi yang dijanjikan. Berdasarkan penelusuran INILAHCOM dari spesifikasi yang beredar spesifikasi Laptop Merah Putih bagi pelajar dari Kemendikbudristek yakni memiliki memori bawaan 4 GB DDR4, ukuran layar monitor LED-nya 11 inci, dengan dapur pacu diisi prosessor Core 2, Frekuensi > 1,1 GHz, Cache 1 M, dan memiliki optimalisasi kerja untuk pendidikan layaknya sebuah Chromebook.

E7h-Mt-P2-VIAAR5p-O

Baca juga : Anomali Laptop Merah Putih di Masa Pandemi

Berbekal informasi tersebut, laptop ini dipastikan merupakan Chromebook. Pemerintah sendiri disebut akan bekerja sama dengan vendor lokal untuk pengadaan laptop ini. Sontak dengan adanya spesifikasi ini banyak netizen yang mencibir terkait harganya yang diisukan mencapai Rp10 Juta padahal Sekretaris Direktur Jenderal Dikti, Paristiyanti Nurwardani saat dikonfirmasi INILAHCOM mengatakan untuk harga perangkat ini akan dipatok mulai Rp5 juta.

"2021 kita produksi 10.000 dengan Harga 5 juta perunit " katanya.

Sebagai informasi, sebelumnya, Mendikbud-ristek Nadiem Makarim, menyebut, pemerintah menganggarkan Rp 1,3 triliun untuk pengadaan awal yakni sebanyak 190 ribu laptop untuk dikirim ke seluruh Indonesia.

Diketahui urusan pembuatan laptop merah putih didesain sepenuhnya oleh perguruan tinggi, beserta dengan perangkat lunak yang digunakan. Kemendikbud juga akan terlibat 100 persen dalam proyek Laptop Merah Putih ini. Mulai dari rencana pengadaan atau ide, kemudian peta jalan, hingga desain serta implementasi pembuatan bersama anggota konsorsium.


 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

IXU

Cara Memeriksa Masalah dan Meningkatkan Performa PC

Pertanyaan:  Setelah setahun dipakai kenapa Komputer saya kerap lemot, apakah ada yang salah l
berita-headline

Inersia

Semester I 2021, Pasar PC di Indonesia Membaik

Pasar PC, termasuk komputer dan laptop, tercatat membaik pada semester pertama 2021 dibandingkan