https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   05 August 2021 - 12:12 wib

Selamatkan Bumi dengan Teknologi Ramah Lingkungan

Prediksi dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden tengah menjadi sorotan saat menyebut DKI Jakarta berpotensi tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun ke depan akibat naiknya permukaan air laut. Hal ini diungkap Biden dalam pidatonya di hadapan para pemimpin badan intelijen AS saat menyinggung adanya perubahan iklim yang tengah melanda dunia. Sebenarnya bagaimana keadaan bumi kita?.

Sekalipun manusia sudah lama berupaya mencari zona kehidupan di antara triliunan planet lain di hamparan alam semesta, sejauh ini hanya Bumi yang diketahui bisa menopang hidup kita. Setelah terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu, 1 miliar tahun kemudian biosfer mulai terbentuk di Bumi, dan kehidupan diperkirakan muncul sekitar sejak 2,8 miliar tahun lalu.

Untuk lebih merawat bumi yang kita singgahi ini diperlukan adanya teknologi ramah lingkungan sehingga dalam pembuatannya dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup.

Dan berikut ini adalah penggunaan teknologi ramah lingkungan untuk kehidupan sehari-hari yang bisa menjaga Bumi agar lebih baik diantaranya:

Kincir Angin

Tentu sebagian dari kalian sering melihat di berbagai kesempatan terutama yang sudah pernah ke Belanda tentunya banyak melihat kincir angin di negara tersebut. Banyaknya kincir angin di Belanda juga bukan tanpa sebab, bukan juga hanya sekedar hiasan kincir angin ini adalah sebuah teknologi yang sudah banyak digunakan di negara maju.

Angin yang bisa dijadikan sebagai alternatif sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Energi angin ini juga digunakan untuk menggerakan kincir tersebut yang kemudian menghasilkan jenis energi lainnya seperti energi listrik yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Sistem kincir angin inilah merupakan sumber energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi udara. Tentunya hal ini berbeda dengan energi listrik yang dihasilkan oleh bahan bakar non terbarukan yang memberikan dampak butuh bagi atmosfer.

Biogas

Tidak akan ada yang sadar bahwa kotoran hewan dapat dijadikan sebuah energi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biogas dihasilkan oleh aktivitas fermentasi bahan-bahan yang organik. Namun, tidak hanya kotoran hewan, kotoran manusia dan limbah domestik juga dapat dimanfaatkan sebagai biogas.

Mengapa kotoran kotoran ini dapat dijadikan sumber energi? Kotoran merupakan sebab adanya karbondioksida dan metana pada kotoranlah yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan maupun listrik. Selain hemat biaya, bahan bakar biogas ini lebih ramah lingkungan dan menjadi solusi cerdas dalam pengelolaan limbah.

Mobil Listrik

Ketersediaan bahan bakar yang semakin hari semakin menipis membuat banyak inovasi baru bermunculan. Karenanya, inovasi seperti mobil listrik yang lebih ramah lingkungan ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Meskipun jumlahnya masih tidak sebanding dengan mobill konvensional, diharapkan pengguna mobil listrik ini terus meningkat setiap tahunnya. Selain ramah lingkungan, perawatannya pun lebih mudah.

Rooftop Garden

Sudah banyak bangunan yang memiliki taman yang luas di atap rumahnya, adanya taman ini adalah untuk menyerap panas yang mungkin bisa langsung berdampak panas pada rumah tersebut selain itu dengan adanya tanaman juga dapat mengurangi CO2. Ditambah lagi adanya tumbuhan di atap rumah ini membuat rumah jadi terlihat lebih indah dan menarik.

Panel Surya

Yang terakhir ini mungkin sudah seringkali kamu lihat sekaligus digunakan di berbagai macam kebutuhan baik itu digunakan secara pribadi maupun umum. Karena, panel surya ini adalah suatu teknologi yang mampu mengubah cahaya menjadi aliran listrik.

Inovasi ini juga disebut sebagai photovoltaic yang artinya cahaya listrik. Sel ini bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir diantara dua lapisan yang muatannya berlawanan.

Itulah sedikit banyak terkait perkembangan teknologi ramah lingkungan. Yuk mulai dari sekarang kamu juga dapat membantu mengurangi pemanasan global demi anak cucu kita memiliki dunia yang lebih baik.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Ibu-ibu Hadang Sandiaga: Bapak Jadi Presiden Nasib Kami Berubah

Rekaman video pendek Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpa
berita-headline

Inersia

Mengenal Tanda Peringatan di Panel Instrumen Mobil

Mobil modern kini hadir dengan panel instrumen yang memberikan informasi kepada pengemudi tentang