Wah! 'Jelajah' Asia dengan Airbus A320

DA
Oleh Dahlia
Jumat 03 Juni 2011
share
inilah.com/Syamsuddin Nasoetion

INILAH.COM, Jakarta - Setelah dilakukannya penerbangan non komersial April lalu, AirAsia Indonesia, Kamis (2/6) melakukan penerbangan komersial perdana dengan rute Bandung-Kuala Lumpur dan Bandung-Singapura dari Bandara Husein Sastranegara menggunakan Airbus A320.

Dharmadi, Presiden Direktur PT Indonesia AirAsia menyampaikan, AirAsia menunggu selesainya proses penebalan atau overlay landasan Bandara Husein Sastranegara terlebih dahulu sebelum mulai mengoperasikan pesawat Airbus A320 tersebut.

"Kini, pengerjaan overlay tahap I sudah selesai dengan tebal landasan 7,5 sentimeter (cm) sepanjang 2.220 meter (m) serta lebar 25 m. Jadi, kita siap untuk terbang," ujarnya dalam rilis yang diterima INILAH.COM.

Sesuai rencana, Airbus A320 ini akan melayani warga Bandung untuk penerbangan rute-rute internasional. Rute Bandung Kuala Lumpur akan dilayani sebanyak 2 kali penerbangan per hari, dan rute Bandung Singapura akan dilayani sebanyak 1 kali penerbangan per hari.

Sementara jadwal penerbangan lainnya masih dilayani dengan menggunakan pesawat Boeing 737-300 yang secara bertahap akan digantikan dengan Airbus A320. "Rute Bandung-Kuala Lumpur akan dilayani sebanyak dua kali penerbangan per hari, dan rute Bandung-Singapura akan dilayani sebanyak 1 kali penerbangan per hari," ungkapnya.

Menurutnya antusiasme warga Bandung terhadap AirAsia sangat tinggi. Dengan terbang menggunakan Airbus A320, pihaknya semakin optimis akan semakin meningkatkan jumlah penumpang AirAsia.

"Salah satu hal terpenting dari pemanfaatan pesawat Airbus A320 ini adalah memang untuk membawa terbang penumpang lebih banyak 22%, dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Dengan demikian, peningkatan jumlah penumpang tetap sejalan dengan grafik efisiensi operasional," pungkas Dharmadi. [mdr]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA