Wow! Makan di Dapur Ternyata Berbahaya

DK
Oleh Dahlia Krisnamurti
Selasa 09 Agustus 2011
share
fitsugar.com

INILAH.COM,Jakarta - Rasa lapar yang sangat 'menusuk' perut ternyata dapat membuat seseorang menyantap makanan di mana saja. Tapi tahukah Anda, bersantap di dapur ternyata berdampak buruk.

Seperti dikutip dari fitsugar, berikut beberapa tempat makan yang banyak diklaim memiliki dampak buruk bagi berat badan

Dapur

Saat Anda berada di dapur untuk mencicipi makanan, saat itu Anda dikelilingi makanan, hingga tak heran Anda akan makan melebihi yang diperkirakan.

Buruknya adalah makan sambil berdiri di depan lemari es atau lemari makan yang terbuka, atau di depan sebuah kotak makanan, maka akan sulit menjaga berapa banyak makanan yang Anda makan.

Jika Anda lapar akan kudapan atau makanan besar, siapkan secukupnya kudapan di dalam wadah dan duduklah di meja saat menikmatinya.

Depan TV

Iklan televisi itu terkadang berbahaya bagi selera makan kita. Semua iklan tentang pizza keju, hamburger, keripik kentang, sayap ayam, es krim dan makan penutup lainnya sangat menginspirasi seseorang untuk mengudap di malam hari.

Tidak heran jika nantinya akan berakhir, Anda pergi ke dapur dan mengambil sekantung keripik, segelas es krim dan coklat. Tidak ada yang salah jika Anda menyediakan kudapan saat menonton teve, tapi pastikan Anda memperhatikan jumlah kalori yang masuk. Sajikan secukupnya dan biarkan sisanya di dapur.

Mobil

Makan sambil berjalan bukanlah ide baik. Makanan cepat saji yang dibuat untuk orang yang tidak punya banyak waktu mengandung kalori tinggi. Dan saat Anda makan sambil menyetir, Anda akan menelan makanan sangat cepat agar tangan tak lepas dari setir.

Anda juga sangat sibuk melihat kondisi jalanan hingga tidak memerhatikan jumlah makanan yang di konsumsi. Jika memang Anda harus makan di mobil, siapkan kudapan atau makanan yang Anda tahu jumlah kalorinya.

Tempat tidur

Ada beberapa alasan mengapa orang makan di tempat tidur, apakah Anda sedang sakit, sedih atau hanya merasa sedikit malas, tetap saja makan
di tempat tidur itu tidak baik. Sebab membuat area tidur menjadi tidak higienis.

Meja Kerja

Ini merupakan kebiasaan yang susah dihentikan, terutama pada jam kantor yang menuntut Anda melewatkan jam makan siang. Ini sama saja dengan makan di dalam mobil atau di depan televisi. Anda sibuk bekerja dan tidak memerhatikan apa yang dimakan dan sebelum mengetahuinya, Anda sudah menghabiskan satu piring penuh hanya dalam sekejap.

Saat Anda makan dengan cepat dan tidak memerhatikan tiap gigitan, otak Anda tidak bisa mengenali berapa banyak jumlah yang dimakan, maka akan berakhir Anda tetap merasa lapar.

Jika sempat, cobalah untuk mengambil waktu 15 menit pergi dari meja Anda dan melakukan makan siang dan pastikan tidak menyimpan makanan di laci meja kerja. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA