Sering Ganti Bra, Payudara Jadi Sehat....

DK
Oleh Dahlia Krisnamurti
Selasa 09 Agustus 2011
share
bloggirlpunya.blogspot.com

INILAH.COM, Jakarta - Bra tidak hanya berguna memberikan efek pada pakaian yang Anda kenakan. Namun bra juga berguna memperindah bentuk payudara.

Keindahan payudara sangat berpengaruh dari bra yang digunakan. Karenanya, disarankan agar kita rutin mengganti bra. Sebab berat badan kita tidak selalu stabil sehingga bisa memengaruhi ukuran payudara.

Nah, berikut beberapa faktor berikut perlu kita perhatikan saat memilih bra:

Bahan

Bahan pembuatan bra sangat variatif. Tidak semuanya bagus dan cocok untuk iklim di Indonesia yang cenderung panas. Pilih bahan yang nyaman dipakai dan memungkinkan sirkulasi udara. Hindari pemakaian cup bra yang terlalu tebal.

Model

Banyak sekali model bra di pasaran saat ini. Namun jangan lupa akan fungsi estetika dan fungsi bra sesungguhnya, yaitu sebagai breast holder atau penyangga payudara.

Bra yang seksi bentuknya, kebanyakan tidak menampung/menyangga payudara secara total.

Padahal, bila payudara tidak disangga dengan baik, jaringan lemak penyusunnya akan bergeser ke daerah-daerah di sekitar, sehingga payudara tidak indah lagi bentuknya.

Tali

Tali bra yang memegang kedua payudara dan mendistribusikan gaya berat yang dialami payudara kedua bahu merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada bra. Tali bra ini harus bisa menahan payudara agar tidak melorot karena gaya tarik (gravitasi) bumi.

Tali bra yang baik adalah tali bra yang tidak melar seiring dengan berat beban yang harus disangganya. Tali bra yang melar selain tidak menyangga payudara dengan baik juga menyebabkan pemakainya merasa tidak nyaman karena sering melorot.

Selain itu tali bra yang baik juga bisa diatur (dinaik-turunkan), sehingga diperoleh kondisi yang nyaman. Lebar tali bra ini juga perlu diperhatikan karena untuk payudara yang semakin besar tentu diperlukan tali bra yang lebar.

Cup yang pas

Bentuk payudara akan terlihat indah bila semua jaringan lemak terkumpul kedepan membentuk dua gumpalan yang kenyal dan penuh. Pilih cup bra yang tepat dan pas untuk payudara.

Cup bra yang tepat harus menampung seluruh jaringan payudara masuk ke dalam cup bra dan menahannya tetap ada dalam cup selama pemakainya beraktifitas. Cup juga harus bisa menahan jaringan lemak yang tadinya bermigrasi karena pemakaian bra yang tidak tepat untuk tetap berada di dalam cup bra.

Nyaman

Bra yang baik harus selalu nyaman dipakai, tidak menekan tetapi menahan payudara agar tidak bergoyang-goyang walau tubuh pemakainya sedang tergoncang-goncang.

Untuk mengetahui seberapa kuat bra dapat menahan goncangan tubuh. Apabila payudara banyak berayun-ayun, berarti bra tidak menahan payudara Anda dengan baik. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA