Wah! Ada Stoking yang Buat Anti 'Ngorok', Lho..

DK
Oleh Dahlia Krisnamurti
Rabu 10 Agustus 2011
share
dailymail.co.uk

INILAH.COM,Jakarta - Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa stoking kompresi menjadi cara baru mengatasi kebiasaan mendengkur atau ngorok di saat tidur.

Sebuah penelitian baru menemukan pemakaian stoking kompresi setinggi paha selama seminggu, akan mengurangi masalah tidur hingga sepertiganya.

Terlebih untuk penderita apnea tidur obstruktif (OSA) yang sering terbangun di malam hari sehingga menyebabkan masalah di siang hari, seperti kantuk berlebih. Sebagian besar penderita apnea tidur juga mendengkur. Mereka sering harus melawan rasa lelah sebagai akibat gangguan tidur membuat sulit terlelap.

Pada penderita OSA, otot-otot di saluran napas runtuh selama tidur sehingga memotong pernapasan selama setidaknya 10 detik sebelum sinyal otak memicu kontraksi otot-otot yang membuka kembali jalan napas.

Tidak hanya mengganggu tidur, bagi penderita dan orang-orang terdekat, penyakit ini bisa menyebabkan kelelahan, meningkatkan tekanan darah dan masalah jantung.

Dalam penelitian terbaru di University of Brescia, Italia, digunakan full-length compression stockings yakni jenis stoking yang digunakan untuk mencegah trombosis vena untuk mengatur aliran darah melalui kaki.

"Kami menemukan bahwa pada pasien dengan insufisiensi vena kronis, stoking kompresi mengurangi akumulasi cairan di kaki pada siang hari sehingga mengurangi jumlah cairan yang mengalir ke leher di malam hari. Ini mengurangi dengkuran akibat apnea hingga sepertiganya," kata Dr Stefania Redolfi, seperti dikutip Daily Mail.

Studi ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Medicine Respiratory Critical Care edisi Agustus 2011. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA