Ingin Sehat Saat Berwisata? Ini Triknya

DK
Oleh Dahlia Krisnamurti
Minggu 04 Desember 2011
share
IST

INILAH.COM,Jakarta - Berwisata dipercaya mampu menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari, dan tentunya membuat hidup lebih indah dan menarik untuk dijalani.

Maka tak mengherankan bila banyak keluarga yang menyempatkan diri untuk berwisata ke tempat-tempat yang alami, indah ataupun tempat yang memang khusus untuk tujuan wisata.

Namun sebelum berwisata ada baiknya persiapkan diri terlebih dahulu baik-baik, jangan sampai niat untuk bersenang-senang dan menghilangkan kejenuhan malah menjadi sebuah mimpi buruk karena saat berwisata malah jatuh sakit atau kondisi tubuh tidak prima.

Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan agar Anda bisa sehat selama berwisata.

Check Kesehatan Selalu

Hal pertama yang harus dilakukan jika bepergian, apalagi ke luar negeri, adalah mengetahui vaksin jenis apa yang dibutuhkan sebelum Anda berangkat. Jenis vaksin yang diperlukan sangat tergantung pada kondisi negara tujuan. Untuk itu sebaiknya kita mencari tahu lewat dokter atau bertanya kepada yang sudah pernah berpergian kesana.

Semisalnya kita harus mendapatkan vaksin tipus, hepatitis A dan B jika berkunjung ke negara berkembang. Jika berkunjung ke Nepal atau beberapa bagian wilayah India, Anda dianjurkan untuk mendapatkan vaksin meningitis terlebih dahulu.

Atau jika hendak ke bagian selatan Amerika dan Afrika, Anda sebaiknya mendapatkan vaksin demam kuning (yellow fever) terlebih dahulu. Jika ke daerah tropis yang tergolong endemik malaria seperti Vanuatu, Papua atau Ujung Kulon, bawalah obat anti-malaria.

Jangan Makan dan Minum Sembarangan

Biasanya jika berpergian jauh, penyakit yang umum dirasakan adalah diare akibat makan dan minum sembarangan. Oleh sebab itu kita harus memperhatikan makanan dan minuman. Semua makanan yang direbus umumnya aman, begitu pula dengan buah-buahan dan sayuran yang dikupas sebelum dimakan.

Hindari makan daging mentah atau setengah matang, atau makanan yang disajikan dalam kondisi tidak dimasak. Sementara itu banyak ahli menyarankan untuk minum hanya air kemasan saat traveling.

Sedia selalu obat-obatan

Saat berpergian jangan lupa sediakan selalu obat-obatan dan persediaan yang berkaitan dengan kesehatan yang biasa Anda gunakan karena semua itu mungkin saja sulit ditemukan di negara lain jika persediaan Anda habis. Selain itu bawa juga obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen, obat diare, dan obat penghilang alergi.

Catat Selalu

Meskipun Anda telah memperhatikan semua yang hendak dimakan, diminum, dan cukup istirahat, Anda dapat saja masih bisa sakit. Jangan kuatir. Anda bisa menemukan petugas medis yang kompeten. Kuncinya adalah tahu ke mana harus pergi.

Untuk itu sangat bijak jika Anda selalu bawa riwayat medis dalam bentuk tertulis. Rekam medis ini akan sangat membantu petugas medis membuat putusan yang tepat. Rekam medis ini dapat Anda buat sendiri yang terdiri dari nama dan alamat dokter, asuransi kesehatan termasuk nomor polis asuransinya, serta obat-obatan yang terakhir dikonsumsi. [mdr]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA