Makanan Sehat Tapi Penambah Gemuk?

SA
Oleh Santi Andriani
Minggu 15 Juli 2012
share
IST

INILAH.COM, Jakarta - Apakah Anda salah satunya yang mengeluh, 'selalu mengkonsumsi makanan sehat, tapi mengapa berat badan saya malah terus bertambah?

Ternyata ada beberapa makanan yang mungkin Anda masukkan dalam daftar list makanan untuk diet namun ternyata justru menambah berat badan.

Selain mengatur makanan tertentu untuk dikonsumsi selama Anda diet, perhatikan juga porsinya. Buah dan sayuran, kacang-kacangan, biji dan banyak makanan sehat lainnya memang sehat dikonsumsi, tapi jika dimakan dalam jumlah yang tidak masuk akal tentunya akan menjadi makanan yang menambah berat badan Anda.

Seperti dikutip dari the sun, sejumlah makanan yang sehat ternyata juga membuat berat badan bisa bertambah cepat, yaitu:

Kripik pisang

Mereka terdengar cukup sehat tetapi mereka memiliki 519 kalori per 100g - sama seperti dua Mars bar ukuran standar. Apalagi jika diiris, digoreng, kemudian dilapisi gula.

Minuman latte untuk pelaku diet

Dengan sekitar 131 kalori dan hampir tanpa lemak, ini memang memberi Anda banyak kalsium.

Tapi ketika Anda menjadi keranjingan dan meminumnya tak berhenti tiga hari berturut-turut, ini sama saja menambahkan semakin banyak kalori ke dalam tubuh Anda.

Minuman olahraga/energi

Dengan ukuran 500 ml, sama saja Anda telah minum 140 kalori. Jika Anda berolahraga untuk mencoba tetap bugar, idenya adalah untuk membakar kalori bukan menambah kalori.

Hummus dan gandum (sereal)

Terbuat dari buncis dan minyak zaitun, hummus memiliki semua dasar-dasar dari makanan sehat.

Tapi terkadang Anda tak sadar untuk terus menikmatinya di saat santai dan dalam kondisi dingin dari lemari es. Dengan ukuran setengah panci atau 200 gram, Anda menambah sekitar 267 kalori.

Popcorn

Sering dikutip menjadi makanan ringan sehat, dengan popcorn rasa asin atau manis, ini menambah sekitar 415-548 kalori per kantong ukuran 100g.

Jumlah yang dianjurkan hanya 20 gram,tapi terkadang kita tergoda untuk tak berhenti mengunyahnya. [mor]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA