Keju, Cemilan Kaya Lemak dan Nutrisi

Makanan Menyehatkan

DK
Oleh Dahlia Krisnamurti
Selasa 30 Oktober 2012
share
Foto: Ilustrasi

INILAH.COM,Jakarta - Siapa bilang makanan berlemak itu tak menyehatkan dan hanya menambah berat badan?

Keju dan beberapa makanan lain, menurut sejumlah penelitian, masuk kategori makanan kaya lemak dan nutrisi.

Sayuran dan buah kerap kali menjadi solusi untuk dapatkan asupan nutrisi lengkap. Namun ternyata ada tiga camilan lezat (dan berlemak) yang kaya akan nutrisi.

Dilansir Time of India selain keju, berikut beberapa makanan yang berlemak tinggi namun kaya akan nutrisi.

Popcorn

Catherine Collins, kepala ahli gizi di rumah sakit St George's, London, mengatakan, sebuah porsi kecil popcorn setara dengan satu porsi beras merah tiap hari.

Senada dengan Catherine, Dr Nupur Krishnan, ahli gizi dari India menambahkan, popcorn mengandung lebih banyak serat ketimbang biji bunga matahari, membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lama, serta menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Menariknya, ini membuat Anda merasa malas mengonsumsi makanan manis."

Tetapi bagi orang yang memiliki diabetes sebaiknya menjauhi mengonsumsi popcorn karena kadar Glycemic Index (GI) tinggi.

Agar berat badan tidak bertambah dan baik dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes, makanlah popcorn tanpa garam dan saus karamel yang berlebihan.

Selai kacang

Camilan ini merupakan sumber protein dan serat sangat baik untuk kesehatan usus dan juga mengandung folat yang dapat melindungi Anda dari penyakit serius seperti kanker usus dan jantung.

Bahkan, para peneliti di Harvard Medical School baru-baru ini melaporkan bahwa mengemil selai kacang lima kali dalam seminggu, dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Keju

Menurut ahli gizi, Deepshikha Agarwal, keju adalah sumber kalsium, dan juga merupakan sumber fosfor yang baik untuk gigi dan tulang yang kuat. Selain itu keju juga mampu meningkatkan kinerja otak anak.

Kandungan zinc yang terkandung di dalam keju baik untuk kulit, kekebalan tubuh dan kesuburan. Selain itu, riboflavin, vitamin B12 dan vitamin A berguna untuk kesehatan mata dan memberikan tambahan energi.

Satu potong keju setelah makan akan menetralisasi kadar asam di mulut dan meningkatkan produksi air liur yang membantu mencegah kerusakan gigi.

Namun jangan lupakan kandungan lemak yang tinggi di dalam keju, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. [mor]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA