Ini Dia Cara Jitu 'Kikis' Lemak dalam Tubuh

DK
Oleh Dahlia Krisnamurti
Selasa 30 Oktober 2012
share
ist

INILAH.COM,Jakarta - Bagi sebagian orang timbunan lemak yang pada tubuh dirasakan sangat mengganggu. Tak heran bila mereka mulai merasa khawatir saat bobot tubuhnya mulai meningkat.

Pasalnya, lemak selain tak sedap dilihat dan nyaman dipandang mata juga bisa membuat tubuh rentan penyakit. Banyak cara yang bisa dijadikan untuk mengikis lemak dalam tubuh, mulai dari cara alami hingga cara instant.

Berolahraga sebelum makan pagi terbukti lebih efektif untuk mengikis lemak dibandingkan dengan olahraga pada waktu lainnya.

Selain membakar lebih banyak lemak, berolahraga dengan perut kosong disebutkan lebih efektif mengurangi lemak darah penyebab penyumbatan pembuluh darah.

Menurut Dr.Jason Gill dari Universitas Glasgow, olahraga sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan mendatangkan manfaat positif bagi kesehatan. Tetapi, olahraga di pagi hari sebelum sarapan akan mendorong tubuh membakar simpanan lemak menjadi energi.

"Bila tujuannya untuk menurunkan berat badan berarti harus mengurangi banyak lemak," katanya.

Gill dan timnya melakukan penelitian terhadap 10 orang pria yang diminta datang tiga kali ke laboratorium studi kardiovaskular. Setiap kedatangan mereka diberikan menu sarapan.

Pada kedatangan yang pertama, para pria itu tidak disuruh olahraga. Di hari lain, mereka diminta melakukan jalan cepat sebelum sarapan, dan pada kali ketiga mereka berolahraga setelah sarapan.

Mereka yang berolahraga sudah tentu membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sarapan saja. Tetapi, mereka yang berolahraga jalan cepat sebelum sarapan membakar lemaknya 33 persen lebih banyak dibanding yang olahraga setelah sarapan.

Hasil pengujian juga menunjukkan para responden mengalami penurunan kadar lemak darah, salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Gill menjelaskan bahwa kita tak perlu khawatir berolahraga dengan perut kosong karena tubuh memiliki cadangan energi untuk dipakai berolahraga sekitar 90 menit sampai 2 jam.

Meski begitu jika Anda merasa tak mampu olahraga dengan perut kosong, menurut Gill itu pun lebih baik daripada tidak melakukan aktivitas fisik apa pun. Hanya saja, proses penurunan berat badan mungkin berjalan lebih lama.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA