Tips Merawat Bayi Baru Lahir

SA
Oleh Santi andriani
Minggu 06 Januari 2013
share
Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Merawat bayi yang baru lahir memang tidak mudah dan terkadang membutuhkan keahlian. Bahkan ibu yang sudah berpengalaman pun ketika dihadapka dengan bayi yang baru lahir ada sedikit ketakutan.

Mereka takut bayi jatuh atau cedera karena sesuatu yang tidak sengaja. Maka tak jarang, para orang tua memilih menyewa pengasuh bayi untuk merawat sementara bayi yang baru lahir.

Berikut ada beberapa tips dari ahli gizi Dr Shilpa Mittal seperti dikutip dari time of india, tentang bagaimana merawat dan mengasuh bayi baru lahir.

1. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap beberapa macam infeksi karena belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh mereka.

Jadi pastikan sebelum mendekati bayi, tangan Anda sudah dicuci bersih dengan sabun dan gunakan masker jika sedang sakit.

2. Bayi baru lahir memiliki tulang punggung yang lemah dan rapuh karena sumsum tulang belakang yang belum sepenuhnya tumbuh.

Jadi berhati-hatilah ketika mengendongnya, khususnya pada bagian leher dan kepala mereka.

3. Ketika ingin membangukan bayi atau ketika bermain dengannya jangan pernah menguncang-guncang tubuhnya. Karena ini dapat menyebabkan pendarahan di kepala dan akhirnya menyebabkan kematian.

4. Pastikan keamanan bayi Anda ketika Anda menaruhnya di kereta dorong atau boks tempat tidurnya. Jangan biarkan ada dasar yang bergelombang karena ini akan menyebabkan cedera.

5. Jangan pernah menaikan-naikkan apalagi melempar bayi Anda di udara seperti bola, bahkan juga untuk bayi bukan baru lahir. Tindakan yang kasar pada bayi bisa menyebabkan kematian. [mor]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA