'SEHATI', Tingkatkan Kualitas Gizi Anak Indonesia

DK
Oleh Dahlia Krisnamurti
Minggu 03 Februari 2013
share
Inilah.com

INILAH.COM,Jakarta - Kondisi yang ada saat ini bertolak belakang, Indonesia adalah bangsa yang kaya sumber daya pangan, namun kualitas pemenuhan gizinya masih sangat rendah.

Melihat akan hal ini, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama dengan PT Sharp Electronics Indonesia (SEID),Sabtu (2/2) meluncurkan program SEHATI (Sehatkan anak Indonesia) untuk meningkatkan gizi dan kualitas kesehatan anak Indonesia, terlebih yang berada di kota Padang.

"Melalui program ini, para ibu akan diberikan edukasi tentang cara mengolah makanan dan menakar asupan gizi yang baik bagi para Balita," Kepala Cabang PKPU Padang Fatih Abdul Aziez, dalam keterangan persnya yang diterima INILAH.COM,Minggu (3/2).

Menurut Fatih, selain pemberian edukasi, program ini juga untuk menghidupkan keberadaan Posyandu sebagai ujung tombak ketahanan gizi Balita.

Walikota Padang H Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya mengungkapkan, persoalan gizi Balita menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Padang menuju Padang sehat.

Saat ini, terdapat ada sebanyak 843 posyandu di Kota Padang dan tentu membutuhkan pembinaan dan kerjasama. Dengan adanya program Sehati, Sharp bersama PKPU ini, diharapkan tidak ada lagi balita di Padang menderita gizi buruk atau kekurangan gizi.

"Manfaatkan program ini untuk meningkatkan gizi balita, sekarang tinggal partisipasi para ibu, jangan enggan memeriksakan kesehatan anak-anak kita," ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi atas nama Pemko Padang mengucapkan dukungan terhadap Sharp dan PKPU yang dinilai telah kerap melakukan program sejenis di Kota Padang. Semoga kegiatan ini dapat diikuti oleh yang lainnya.

Lebih lanjut, Fatih menguraikan untuk melaksanakan program yang akan berjalan selama setahun ke depan ini, PKPU akan menempatkan pendamping kesehatan. Launching ini merupakan tempat kelima dari tujuh tempat di Indonesia yaitu Makar, Palu, Medan, Semarang, Jakarta dan Jogjakarta.

Sementara, Kepala Cabang PT Sharp Padang Ayi Cahyadi menyebutkan program ini dibiayai dari dana CSR perusahaan tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, terutama anak di Indonesia.

"Melalui program ini diharapkan akan muncul anak-anak Indonesia yang sehat dan siap menjadi pemimpin bangsa," urai Ayi Cahyadi.

Selain peluncuran program SEHATI, PKPU turut menggelar pengobatan umum dengan menghadirkan tenaga dokter, apoteker dan relawan kesehatan. Para ibu-ibu peserta acara menyempatkan diri memanfaatkan layanan ini untuk memeriksakan kesehatan diri dan anak mereka.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA