Makan Kerang untuk ASI Berkualitas

SA
Oleh santi andriani
Rabu 28 Agustus 2013
share
ist

INILAH.COM, Jakarta- Ibu yang sedang hamil dan menyusui sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan laut seperti ikan atau jenis kerang-kerangan. Ini sangat berguna bagi kualitas air susu ibu (ASI) kelak.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Elvira Syamsir menerangkan karena dalam ASI terdapat zat yang bernama taurin yang berfungsi dalam perkembangan sel-sel syaraf bayi.

"Nah taurin inilah banyak terdapat dalam kerang, kepiting dan berbagai jenis tiram. Karenanya sangat dianjurkan ketika masih hamil atau sedang menyusui para ibu mengkonsumsi makanan laut seperti ini," ujarnya di dalam acara peluncuran kampanye 'Ayo Makan Seafood' di Jakarta, Selasa (27/8).

Taurin, dijelaskan dosen Fakultas Gizi dan Teknologi Pangan IPB ini sebenarnya bisa diproduksi oleh tubuh namun memang agak sulit. Sehingga ada baiknya juga mendapat sumber taurin dari luar seperti dari seafood.

Elvira menjelaskan, makanan laut jangan hanya dibatasi pada hewani yang berasal dari laut, tapi ini juga mencakup ikan-ikan yang berasal dari air tawar atau tambak. Bahkan tanaman air seperti rumput laut pun memiliki banyak kandungan gizi.

Tak hanya itu, Elvira melanjutkan, mengapa ikan sangat baik bagi pertumbuhan anak karena dalam ikan mengandung protein yang bermutu tinggi dan rendah kandungan lemak jenuh.

Sebaliknya, makanan laut kaya akan asam lemak omega 3,6 dan 9 dan merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

"Seafood mengandung semua asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, kadar proteinnya tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh," tandasnya. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA