Mau Makan Udang Enak?

SA
Oleh santi andriani
Rabu 28 Agustus 2013
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta- Udang, siapa yang tak suka? Ini adalah salah satu yang paling favorit ketika acara makan seafood tiba. Selain rasanya yang lezat, kandungan gizinya juga tinggi.

Selain banyak yang dijual masih utuh dalam bentuk satuan ada juga yang sudah dikemas menjadi makanan beku atau frozen food. Nah lebih baik memilih yang mana?

Ternyata ketika ingin makan udang, atau jenis seafood lainnya lebih baik memilih yang dalam bentuk beku. Kualitasnya justru dianggap lebih baik. Ini menurut Chef Arnold Poernomo.

"Saya bisa katakan kalau untuk seafood, misalnya udang-udangan, yang beku adalah yang lebih baik, mengapa? Karena ketika nelayan menangkapnya di laut dan ini dibawa ke pasar, temperaturnya kan sangat drop, kita gak tahu itu sudah berapa lama dari nelayan dan ketika dipasar, jadi kesegarannya sudah berkurang," katanya di sela acara peluncuran kampanye 'Ayo Makan Seafood' di Jakarta, Selasa (27/8).

Juri acara kompetisi memasak di Indonesia ini menerangkan makanan laut atau seafood seperti udang adalah salah satu jenis makanan yang mudah terkontaminasi bakteri sehingga cepat pula membusuk. Ini karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi.

"Karenanya sangat penting untuk terus menjaga temperatur. Temperatur untuk mendinginkan seafood segar rentan tidak stabil dan konsisten. Pendistribusiannya cukup lama, dari proses penangkapan hingga sampai di supermarket, menjadi penyebabnya," jelasnya.

Hal ini juga diamini oleh ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Elvira Syamsir. Ia mengatakan, makanan beku seharusnya tidak perlu lagi menggunakan pengawet.

"Karena proses pembekuannya itu lah yang akan mengawetkan makanan itu sendiri. Jadi makanan beku yang bagus sebenarnya tidak perlu tambahan zat pengawet," teranganya dalam kesempatan yang sama.

Namun dia menegaskan, agar masyarakat tetap selektif memilih makanan beku yang pada umumnya adalah makanan olahan. Pilih yang benar-benar dari produsen yang dapat dipercaya dan berkualitas dalam pengolahan makanan itu sendiri. [mor]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA