Internet Ubah Cara Pandang tentang Penampilan

SA
Oleh Santi Andriani
Jumat 11 Juli 2014
share
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta- Internet bisa mengubah cara pandang seseorang tentang penampilan fisik. Demikian hasil penelitian oleh ilmuwan Skotlandia.

Mereka yang memiliki akses mudah terhadap internet cenderung lebih tertarik pada wanita yang kurus atau laki-laki yang berotot. Sementara mereka yang tidak, cenderung lebih tertarik dengan perempuan yang memiliki tubuh berisi dan lebih berat.

Para ilmuwan dari Universitas St Andrews meneliti perilaku dari dua kelompok masyarakat, yang memiliki akses ke internet dan yang tidak.

"Orang-orang dengan akses Internet yang lebih terbuka, mempromosikan keindahan atau kecantikan adalah pria berotot dan kurus, wanita feminin," kata pemimpin studi, psikolog Carlota Batres.

Sedangkan orang tanpa akses internet menemukan perempuan yang lebih berat lebih menarik. Peneliti menduga ini adalah proses evaolusi.

"Ketika pendapatan dan akses ke makanan tidak pasti, wanita lebih berat mungkin lebih siap untuk bertahan hidup dan bereproduksi sehingga preferensi untuk wanita yang lebih berat bisa adaptif," kata co-penulis dan psikolog David Perrett.

"Temuan kami konsisten dengan literatur sebelumnya yang telah menemukan bahwa ukuran-ukuran yang lebih berat dianggap lebih menarik di daerah miskin dan pedesaan," sambung dia seperti INILAHCOM lansir dari nydaily, Jumat (11/7/2014).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA