Menkes RI Beri Pembekalan Tim Nusantara Sehat

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 26 Oktober 2015
share
Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek memberikan pembekalan kepada para peserta tim Nusantara Sehat gelombang kedua.

Menkes menjelaskan bahwa program Nusantara Sehat merupakan program yang dirancang dengan kongkrit untuk menguatkan layanan primer yaitu di tingkat Puskesmas. Nantinya, tim Nusantara Sehat gelombang kedua yang tengah menjalankan pembekalan di Pusdikkes Kodiklat TNI AD akan disebar di pelosok daerah sebagai bentuk pemerataan tenaga medis.

"Gelombang kedua ini diikuti oleh 650 peserta muda di bawah 30 tahun. Mereka akan ditempatkan di 100 puskesmas di daerah perbatasan terpencil, kepulauan dan daerah bermasalah kesehatan," kata Menkes RI, Nila F Moeloek saat ditemui di Pusdikkes Kodiklat TNI AD, Jakarta Timur, Senin (26/10/2015).

Bukan tanpa alasan tingkat pelayanan kesehatan yaitu puskesmas menjadi perioritas. Menurutnya, puskesmas adalah bagian terdepan bagi kegiatan pelayanan kesehatan.

"Hal ini termasuk usaha promotif, preventif, dan kegiatan proaktif untuk menjangkau sasaran di luar masyarakat sesuai rencana pembangunan kesehatan periode 2015 - 2019 dengan Paradigma Sehat," tambahnya.

Lebih lanjut Menkes menambahkan, masalah kesehatan seperti menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian balita (AKB), serta masalah stunting dan keseimbangan gizi masih ada. Tidak hanya itu, persoalan kesehatan lainnya seperti pengendalian penyakit menular seperti HIV / AIDS,

Malaria, TB, penyakit tidak menular, kanker, jantung, dll juga belum sepenuhnya teratasi. Untuk itu, Menkes memerlukan pendekatan melalui keluarga dengan meningkatkan penyebaran dan kualitas tenaga kesehatan.

"Kami juga memberikan materi berupa bela negara, penguatan program, pengembangan diri dan pelayanan medis serta komunikasi. Pembekalan diselenggarakan oleh Pusdiklat Aparatur Kemenkes bekerjasama dengan Pusdikkes kodiklat TNI AD dan Rindam Jaya," ungkapnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA