Kapal Pesiar akan Diarahkan Bersandar di Cilacap

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 05 Maret 2016
share
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Semarang - Jawa Tengah bakal menawarkan kawasan Pantai Selatan Cilacap untuk dirambah wisatawan yang datang menggunakan kapal pesiar. Saat ini baru pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang sudah didarati kapal pesiar.

"Kapal berikutnya ke Cilacap jadi bagian paket wisata kami, jadi paket yang sudah ada saat ini akan dikombinasikan juga melancong ke Cilacap," ujar Prasetyo, Kadispar Jateng Jumat (4/3/2016).

Prasetyo memaparkan, pihaknya di Cilacap sudah siap, semua akses dan pengelola lokasi wisata juga sudah menyatakan kesiapannya. "Jadi banyak pilihan setelah Kapal Cruise merapat di Semarang, bukan hanya ke Borobudur saja jadinya," ujarnya.

Seperti diketahui, sudah sembilan kapal wisata mendarat di Tanjung Emas. Lebih dari 400 ribu wisatawan masuk ke Jawa Tengah via Semarang. Selain Borobudur, Jateng punya stok destinasi budaya dan sejarah yang melimpah. Ada puluhan candi peninggalan Hindu Budha, dari Prambanan, Ratu Boko, Barong, Candisari, Kalasab, Sojiwan, Banyunibo, Candi Ijo, Candi Dieng, Candi Sukuh, Candi Gedung Songo, dan lainnya.

Menurut Prasetyo, potensi wisata di Cilacap sangat menjanjikan. Bahkan tak kalah menarik dengan berbagai tempat wisata lain seperti Pangandaran dan lainnya. Ada Pulau Nusakambangan, Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, Gunung Srandil, Pantai Widarapayung, Pantai Jetis, dan Pantai Permisan.

Cilacap juga banyak even yang menarik. Salah satunya adalah Sedekah Laut dan Gerebek Sure. Pemerintah daerah Cilacap diharapkan segera memperbaiki dan mengelola kondisi fisik destinasi untuk penambahan fasilitas di lokasi wisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berkali-kali menyebutkan Jalur Selatan Jawa masih tertinggal. Masih terisolasi oleh kemajuan. "Salah satu PR kita adalah menghidupkan jalur selatan. Ada Pelabuhan Ratu sampai Pangandaran berbatasan dengan Jawa Tengah. Kalau Cilacap hidup, maka daerah lain pasti juga bisa dikebut," jelas Menpar Arief Yanya. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA