Uniknya Emas Motif Batik untuk Koleksi & Investasi

AD
Oleh Aris Danu
Jumat 20 April 2018
share
(Foto: Inilahcom)

INILAH.COM, Jakarta-Emas saat ini masih menjadi perhiasan yang banyak dicari untuk investasi aman dan menjanjikan. Baru-baru ini, PT Antam secara resmi merilis emas batangan motif batik yang unik.

PT Antam sebagai salah satu Industri Pertambangan melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia meluncurkan emas batangan Batik Indonesia Seri II. Emas motif batik seri I dan II hingga saat ini merupakan satu-satunya di dunia.

"Emas batangan Batik Indonesia Seri II mengusung empat motif yakni Batik Truntum, Batik Wahyu Tumurun, Batik Sekar Jagad, dan Batik Purbo Negoro," kata Direktur Pemasaran Antam, Tatang Hendra, saat peluncuran di Jakarta, baru-baru ini.

Tatang mengatakan, keempat emas motif batik tersebut memiliki makna filosofis. Tuntrum merupakan simbol kesetiaan, Wahyu Tumurun sebagai simbol kemuliaan, Sekar Jagad sebagai simbol kesatuan, dan Purbonegoro sebagai simbol kepemimpinan.

Keempat desain batik tersebut terdapat pada emas batangan 10 dan 20 gram dengan kadar kemurnian 99,99 persen. Hadirnya produk emas batangan Batik Indonesia Seri II akan meningkatkan minat masyarakat dalam melakukan investasi emas melalui collectible items.

"Dengan desain dan kemasan khusus, produk emas batangan Batik Indonesia Seri II dipersernbahkan kepada masyarakat yang mencintai budaya Indonesia sekaligus untuk investasi emas batangan," ujar Tatang.

Lebih lanjut Tatang menyampaikan keunikan emas batangan Batik Indonesia Seri II ini adalah dicetak dengan dimensi yang Iebih lebar sehingga meningkatkan visibilitas detail motif batik Truntum, batik Wahyu Tumurun, batik Sekar Jagad dan Batik Purbo Negoro.

"Sebagaimana emas batik seri pertama, kehadiran produk ini merupakan upaya Perusahaan untuk memberikan nilai tambah produk emas sekaligus mendukung literasi budaya Indonesia yakni batik," paparnya.

Sekedar informasi, pada 2016 lalu Antam mencetak produk emas batangan batik pertama yang sukses menarik minat masyarakat. Selain emas batangan, Antam juga membuat inovasi baru dengan membuat perhiasan kalung motif batik dengan brand 'LM'.

Perhiasan tersebut hadir dalam 4 seri kalung dan bezel, yaitu solidus dengan bezel kawung, nortia dengan bezel mega mendung, magnus dengan bezel parang barong, dan adorare dengan bezel sido mukti. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA