Visit the Heart of Borneo

Tingkatkan Kunjungan Wisata di Kawasan Perbatasan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 19 Maret 2019
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie menjelaskan, Visit the Heart of Borneo merupakan bagian dari program konservasi hutan (Taman Nasional, hutan lindung, dan hutan produksi).

Karena, Kalimatan sebagai paru-paru dunia seluas 22 juta Ha, di mana 17 juta Ha di antaranya berada di lima provinsi Kalimantan, dan di antaranya 6 juta Ha atau 31 persen berada di Provinsi Kalimantan Utara.

"Visit the Heart of Borneo akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman ke Kalimantan, khususnya melalui wilayah perbatasan," kata Gubernur Irianto Lambrie, Jakarta, Selasa, (19/03/2019).

Ketertinggalan Kalimantan dalam program Visit the Heart of Borneo antara lain karena terbatasnya infrastruktur, promosi, serta pemasaran.

"Sebagai perbandingan, Malaysia berhasil memasarkan destinasi Sabah dan Sarawak ke Tiongkok. Tiap akhir pekan dan musim liburan Kota Kinabalu kewalahan menerima kunjungan wisman. Hotel bintang di sana penuh," tambah Irianto Lambrie.

Ia mengatakan, karena didukung oleh infrastruktur yang memadai membuat produk pariwisata di Sarawak relatif murah serta didukung strategi promosi dan pemasaran yang efektif.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA