Pentingnya Penyelesaian Masalah Sanitasi

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 13 Juni 2019
share
(Foto: inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta -Salah satu profesor riset Dr. Dede Anwar Musadad, SKM., M.Kes. (Kepakaran Bidang Kesehatan Lingkungan), membahas tentang topik Rekayasa Sosial dan Teknologi Tepat Guna Penyelesaian Masalah Sanitasi.

Dengan kepakaran kesehatan lingkungan, Dede Anwar Musadad menyampaikan orasi dengan topik Rekayasa Sosial dan Teknologi Tepat Guna Untuk Penyelesaian Masalah Sanitasi.

Penelitian Anwar mengungkapkan peningkatan kesadaran dan perilaku masyarakat menjadi kunci keberhasilan program kesehatan lingkungan.

"Untuk mewujudkannya perlu dikenalkan dan diterapkan alternatif teknologi tepat guna seperti penjernihan air sederhana, pembuatan ventilasi, jamban pasang surut, dan lain-lain," kata Anwar saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis, (13/06/2019).

Menurut Anwar, disamping kebutuhan sanitasi dasar yang belum terpenuhi, masyarakat dihadapkan pada masalah pemanasan global, masalah sampah plastik dan styrofoam, serta penggunaan bahan kimia yang tidak terkendali.

"Transformasi program kesehatan lingkungan membutuhkan upaya akselerasi agar dapat mengejar kecepatan perkembangan masalah baru yang timbul," tambahnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA