Cegah Heatstroke Saat Ibadah Haji

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 04 Juli 2019
share
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mencegah heatstroke, termasuk mencegah terjadinya berbagai penyakit pada jemaah haji, Kemenkes membentuk Tim Promotif Preventif (TPP). TPP disiagakan di Arab Saudi.

"Artinya jemaah haji begitu di asrama haji sudah diinformasikan tentang bagaimana mencegah serangan penyakit, di Saudi juga diinformasikan seperti itu," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kemenkes RI dr. Eka Jusup Singka, baru - baru ini di Jakarta.

Menurut dr. Eka, jemaah haji Indonesia masih perlu penguatan pengetahuan tentang ilmu kesehatan, bagaimana kesehatan mempengaruhi ibadah, begitupun sebaliknya, ibadah mempengaruhi kesehatan.

Selain itu, penguatan SDM kesehatan pun perlu dilakukan agar menjadi SDM yang berkualitas.

"Heatstroke itu cara cegahnya harus banyak minum air putih. Yang paling penting banyak minum, itu insha Allah tidak heatstroke," papar dr. Eka.

Kasus heatstroke pada jemaah haji Indonesia pertama muncul pada 2015, namun hingga saat ini tidak ada kasus kematian. Pemerintah dalam hal ini Kemenkes terus berupaya memaksimalkan pencegahan dengan memberikan informasi dan edukasi kepada jemaah haji.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA