Hari Batik Nasional

Ini Cara Agar Batik Tidak Punah

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 02 Oktober 2019
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober. Nah, apakah Anda sudah berperan memajukan kain Batik Indonesia?

Pemerhati Batik sekaligus Desainer Batik, Iwet Ramadhan menjelaskan, ada cara yang simple untuk masyarakat Indonesia agar tetap membuat Batik lestari. Hal ini menyangkut dengan kecintaan diri sendiri terhadap Batik Indonesia.

"Paling dasar sebenarnya memulai membeli batik dari pengrajin. Mulai dari batik cat atau batik tulis. Dengan membeli batik dari mereka ini, kita berkontribusi membantu mereka (para pengrajin)," kata Iwet Ramadhan saat acara Peluncuran Botol Motif Batik Terbaru, Peralatan Makan (Feeding Set) Batik dan Pameran Batik Pigeon, Jakarta, Rabu, (02/10/2019).

Membeli langsung kepada pengrajin Batik memang tidak mudah. Tetapi, ketika ada niat, bisa dilakukan dengan baik.

"Membeli langsung kepada pengrajin Batik bisa menyambung produksi Batik, terutama untuk Batik Tulis," tambahnya.

Serbuan Batik yang dicap dengan cepat memang tidak bisa dihindari. Iwet menambahkan, proses membuat Batik tulis memang membutuhkan waktu yang lama. Hal tersebut tidak mengejar produksi Batik cap yang diproduksi dengan cepat.

"Tetapi, semua ini bisa dilihat dari hasilnya. Batik tulis dari pengrajin bisa mencerminkan hasil yang maksimal," ujarnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA