Pengidap HIV bisa Mencari Dukungan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 04 Desember 2019
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pengidap HIV, Anda tidak sendiri. Menurut data UNAIDS 2015, terdapat sekitar 690.000 ODHIV (Orang Dengan HIV) di Indonesia.

Selain dengan paramedis dan kerabat dekat, Anda dapat berbagi informasi dengan sesama ODHIV untuk mendapatkan dukungan dan penanganan yang tepat.

"Anda dapat bergabung dengan Komunitas AIDS Indonesia dan menemukan institusi yang memberikan tes dan pelayanan bagi ODHIV di kota Anda. Forum tentang berbagai informasi seputar HIV juga dapat diakses di Yayasan Spiritia," kata dr. Kevin Adrian selaku dokter dari ALODOKTER, Jakarta, Rabu, (04/12/2019).

HIV adalah penyakit yang ditakuti, namun tidak sepenuhnya dipahami oleh banyak orang. Sebagian orang masih memercayai hal yang salah, bahwa HIV dapat menyebar melalui kontak fisik seperti bersentuhan atau sebatas berbagi gelas. Hal ini membuat ODHIV cenderung dijauhi.

HIV dan AIDS sering diidentikkan dengan pelaku perilaku tertentu seperti pengguna obat terlarang dan pelaku seks bebas. Stigma ini membuat orang beranggapan bahwa virus tersebut diidap karena lemahnya moral ODHIV.

Dengan stigma sosial, muncullah diskriminasi terhadap ODHIV, seperti dikeluarkan dari kantor atau sekolah karena mengungkapkan diri sebagai ODHIV atau tidak diperkenankan menggunakan fasilitas umum seperti tempat ibadah.

Pemerintah dan profesional medis tentunya berperan penting dalam mengurangi stigma masyarakat umum terhadap ODHIV. Edukasi mengenai ODHIV dapat meningkatkan pengertian masyarakat tentang penyakit ini.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA