Libur Akhir Tahun

Fasilitas Kesehatan di Jakarta Siap Hadapi Nataru

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 25 Desember 2019
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Fasilitas kesehatan menjadi kunci layanan untuk menghadapi libur Natal dan tahun baru 2020.

Dalam rangka cek kesiapan layanan kesehatan saat libur Natal dan tahun baru 2020, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi didampingi Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo melakukan kunjungan ke 2 tempat yakni RSUPN Cipto Mangunkusumo dan RSUP Fatmawati.

RSUPN Cipto Mangunkusumo menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Sekjen beserta rombongan. Kunjungan dilakukan dengan berkeliling RSCM melihat beberapa ruangan diantaranya Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Ruang Resusitasi, Ruang ICU, Unit Pelayanan Bedah Terpadu, Ruang Perawatan Intensif, Ruang ICU serta berbincang dengan keluarga pasien.

Menurut Sekjen, mudik dan libur merupakan suasana dimana mobilitas massa sangat besar.

Sehingga hal ini perlu dilakukan upaya-upaya kesiapsiagaan apabila terjadi kegawatdaruratan, yang salah satunya dengan menyiapkan fasilitas dan layanan kesehatan yang prima.

"Memang kita minta fasilitas pelayanan kesehatan agar lebih meningkatkan kewaspadaan, dari sisi kesiapan tenaga, kesiapan fasilitas dan sarana prasarana, Insya Allah kita lihat RSCM siap," Sekjen Oscar Primadi, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (25/12/2019).

Ia menambahkan, di samping fasilitas dan layanan kesehatan, Kementerian Kesehatan dibawah komando Direktur Jenderal Layanan Kesehatan telah menyiapkan langkah siaga diantaranya membentuk tim khusus, memaksimalkan fungsi-fungsi yang ada, termasuk pusat krisis dan pemantauan-pemantauan komunikasi, serta meningkatkan koordinasi lintas sektor.

Sekjen pun mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik maupun liburan, Sekjen pun mengimbau untuk terus berhati-hati, waspada serta apabila dalam kondisi darurat agar menggunakan fasilitas kesehatan yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

"Tentunya hati-hati dan selalu waspada, kalau ada hal-hal yang barangkali perlu dilakukan kesiagaan berkaitan dengan kesehatan, manfaatkan fasilitas kesehatan yang ada, saya yakin di seluruh Indonesia kesiapan tim kesehatan menghadapi tahun baru, malam natal dan event-event besar terus disiagakan," imbau Sekjen.

Usai dari RSCM, kunjungan dilanjutkan ke RSUP Fatmawati, Jakarta. Setibanya di lokasi, dengan didampingi jajaran direksi RSUP Fatmawai, Sekjen bersama rombongan meninjau zona kuning semi kritis.

Peninjauan kemudian dilanjutkan ke Ruang Zona Merah, Ruang Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif serta HCU IGD.

Dalam keterangannya, pihak rumah sakit menyatakan siap memberikan layanan saat libur natal dan tahun baru, pun dengan petugas kesehatan juga telah disiagakan selama 24 jam dengan sistem 3 shift dan on call.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA