Ria Irawan Meninggal Dunia karena Kanker

Simak Lebih Jauh Tentang Kanker Darah, Limfoma

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 06 Januari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia perfilman Indonesia. Aktris senior, Ria Irawan meninggal dunia karena penyakit kanker yang dideritanya.

Lantas, apa sebenarnya penyakit kanker yang diderita Ria? Prof. Ari Fahrial Syam, praktisi kesehatan mengajak kita mengenal limfoma , kanker yang dialami Ria Irawan.

"Limfoma termasuk penyakit kanker darah. Kanker darah atau blood cancer sendiri sebenarnya dibagi menjadi tiga yaitu leukemia, limfoma dan myeloma," ujar Ari seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (06/01/2020).

Leukemia menyerang sumsum tulang, limfoma menyerang kelenjar getah bening dan myeloma menyerang sel plasma. Sebagaimana kita ketahui bahwa limfoma ini yang menyebabkan kematian Ustad Arifin Ilham dan juga artis Ria Irawan.

"Pasien dengan limfoma biasanya juga datang dengan keluhan adanya benjolan pada leher, ketiak atau selangkangan atau pada pemeriksaan USG abdomen ditemukan adanya pembengkakan kelenjar getah bening," tambahnya.

Dia menambahkan, Pasien dengan limfoma umumnya mempunyai keluhan berat badan turun, demam tidak terlalu tinggi dan keringat malam. Gejala umum seperti inj juga bisa ditemukan pada infeksi tuberculosis.

"Oleh karena buat siapapun yang mempunyai gejala timbul benjolan di leher, selangkangan atau ketiak, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab benjolan tersebut," ujarnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA