Sosok Ria Irawan di Mata Sutradara Joko Anwar

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 07 Januari 2020
share
sutradara Joko Anwar

INILAHCOM, Jakarta - Perfilman Indonesia berduka atas berpulangnya aktris Ria Irawan akibat menderita kanker. Almarhumah merupakan sosok yang menjadi bagian dari sejarah perfilman Tanah Air.

Menurut sutradara Joko Anwar, Ria Irawan merupakan aktris yang memiliki bakat seni peran luar biasa. Joko bahkan mengagumi sosok Ria sejak kecil.

"Saya besar dengan film-film Ria Irawan. Dan tentunya salah satu yang memorable adalah 'Darna Ajaib' (1980), di mana Ria menjadi tokoh antagonis dan performance-nya buat aku, anak kecil yang suka film, berkesan sekali," kata Joko usai mengantar pemakaman Ria Irawan di di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Senin (06/01/2020).

Di mata sutradara film "Gundala" ini, almarhum merupakan sosok aktris yang berkepribadian baik dan menyenangkan. Joko mengaku sempat beberapa kali terlibat kerja sama dengan almarhumah.

"Aku rasa kita semua yang pernah bekerja bareng Ria Irawan sepakat bahwa beliau adalah manusia yang bisa membuat manusia di sekitarnya semangat. Vibe-nya sangat positif dan menular ke semua orang," ucap Joko.

"Mbak Ria sangat fun, bisa bertukar pikiran bareng, dan selain pencerita, ia juga pendengar yang baik. Sebagai pekerja film, Ria Irawan selain sangat bertalenta juga sangat asyik untuk diajak bekerja sama," Joko, menambahkan.

Joko juga mengagumi kegigihan Ria ketika berjuang melawan kanker kelenjar getah bening stadium empat. Menurut Joko, semangat Ria Irawansebagai penyintas kanker luar biasa.

"Setidaknya mengikuti semangatnya," demikian Joko Anwar.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA