Menparekraf: Esports Peluang Majukan Wisata

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 09 Januari 2020
share
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyebut kegiatan olahraga elektronik atau esports membuka peluang bagi semakin berkembangnya wisata olahraga di Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung industri esports atau olahraga elektronik untuk dikembangkan, lantaran memiliki potensi yang luar biasa untuk mendatangkan devisa ke Indonesia di era digital saat ini.

Menparekraf Wishnutama saat audiensi bersama Ketua Indonesia E-Sports Premiere League (IESPL) Giring Ganesha di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, baru - baru ini mengatakan, potensi esports ini bisa dikembangkan dari sisi industri kreatif selain juga potensial menarik wisatawan bila penyelenggaraanya dikemas dengan baik.

"Esports ini kesempatan yang bagus sekali bagi Indonesia terutama buat generasi muda, saya sudah meyakini ini akan menjadi potensi yang luar biasa untuk Indonesia, apalagi dalam waktu dekat akan ada final Piala Presiden Esports. Jadi potensinya luar biasa, selain untuk membangun local games yang memiliki potensi serta untuk mendatangkan wisatawan wisata olahraga," katanya.

Wishnutama juga menjelaskan secara umum perkembangan esports di Tanah Air sangat menjanjikan buktinya akan bergulir Piala Presiden Esports (PPE) 2020 dalam waktu dekat. Bahkan presiden Jokowi sejak awal sangat mendukung event ini untuk dikembangkan sekaligus agar dikaitkan dengan wisata olahraga (sport tourism).

"Dari awal Presiden Jokowi memahami bahwa esports adalah masa depan yang harus dibangun di Indonesia. Dan esports merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan. Bahkan harus diupayakan ke depan penyelenggaraan event esports dunia di Indonesia harus lebih serius dan digelar di destinasi wisata yang kita miliki," tambahnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA