Masalah Infertilitas Dialami Pria dan Wanita

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 13 Januari 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Penanganan infertilitas pada pasangan suami istri harus selalu disesuaikan dengan penyebabnya.

Terapi akupunktur dapat menjadi salah satu pilihan untuk membantu mengoptimalkan performa sistem reproduksi yang dapat menunjang penanganan infertilitas tersebut.

Menurut dr. Handaya Dipanegara, M.Kes, Sp. Ak Dokter Spesialis Akupuntur Klinik RS Pondok Indah Pondok Indah dan RS Pondok Indah Bintaro Jaya, penyebab infertilitas bisa bersumber dari banyak hal.

Secara definisi, yang dimaksud dengan infertilitas atau ketidaksuburan ialah masalah yang dihadapi oleh pasangan suami-istri yang telah menikah dalam kurun waktu minimal satu tahun, melakukan hubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun, namun belum berhasil mendapatkan kehamilan.

"Saat ini, kasus infertilitas menjadi masalah kompleks di bidang kesehatan reproduksi," kata Handaya Dipanegara, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (13/01/2020).

Masih menurutnya, satu dari tujuh pasangan suami istri di dunia mengalami infertilitas, baik infertilitas primer maupun infertilitas sekunder. Hal ini tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga pria.

"Menurut penelitian, sekitar 40 50 persen infertilitas disebabkan oleh faktor yang berasal dari istri, 25 40 persen dari suami, 10 persen karena faktor keduanya, dan 10 persennya lagi tidak diketahui penyebabnya (idiopatik)," tambahnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA