Wabah Pneumoni Wuhan, Tiongkok

Tidak Ada Travel Ban ke Wuhan dari Indonesia

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 20 Januari 2020
share
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Anung Sugihantono, menjelaskan tidak adanya travel ban ke Wuhan dari Indonesia.

"Tidak ada travel ban, yang ada adalah travel advice," kata Anung, saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin, (20/01/2020).

Perlu diketahui, travel advice diartikan sebagai kejadian membahayakan dalam jangka waktu pendek.

Masih menurut Anung, meski di negara selain Tiongkok terjangkit wabah tersebut, tetapi hal ini harus diwaspadai oleh masyarakat yang berkunjung ke sana.

"Maka kita harus melakukan kewaspadaan dengan melakukan itu tadi, penegahan dengan gaya hidup sehat dan pencegahaan menggunakan masker," tambahnya.

Berdasarkan investigasi beberapa institusi di Wuhan, sebagian kasus pneumonia terjadi pada orang yang bekerja di pasar ikan, tetapi belum ada bukti yang menunjukkan penularan dari manusia ke manusia.

Selain di Wuhan, beberapa Negara melaporkan kasus-kasus suspek serupa dengan di Wuhan yaitu di Singapura, Seoul, Thailand dan Hongkong. Di Singapura dan Bangkok terdapat penerbangan langsung dari Wuhan.

WHO mengonfirmasi ada satu kasus di Thailand, terdeteksi virus baru yang berasal dari outbreak pneumonia di Tiongkok. Kasus tersebut merupakan traveler dari Wuhan, Tiongkok.

Berdasarkan data United Nations Maret 2018, terdapat banyak negara atau tempat yang menjadi tujuan pengunjung dari Wuhan diantaranya Bangkok, Hong Kong, Tokyo, Singapura, Denpasar Bali, Macau, Dubai, Sydney dan masih banyak negara lainnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA