Heboh Virus Corona di Gedung BRI

Menkes: Masyarakat Tak Usah Khawatir Virus Corona

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 23 Januari 2020
share
Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatIr tentang kabar terdapat pegawai Huawei yang berada di gedung BRI diduga terjangkit virus Corona.

"Jadi tenang, saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir. Tenang aja, kita atasi. Oke ya? Nanti, saya akan cek semua. Dimana saya bisa cek, saya cek semua," kata Menkes RI, saat meninjau langsung gedung BRI, Jakarta, Kamis, (23/01/2020).

Virus Corona tengah marak di Wuhan, Tiongkok. Berdasarkan investigasi beberapa institusi di Wuhan, sebagian kasus pneumonia terjadi pada orang yang bekerja di pasar ikan, tetapi belum ada bukti yang menunjukkan penularan dari manusia ke manusia.

Selain di Wuhan, beberapa Negara melaporkan kasus-kasus suspek serupa dengan di Wuhan yaitu di Singapura, Seoul, Thailand dan Hongkong. Di Singapura dan Bangkok terdapat penerbangan langsung dari Wuhan.

WHO mengonfirmasi ada satu kasus di Thailand, terdeteksi virus baru yang berasal dari outbreak pneumonia di Tiongkok. Kasus tersebut merupakan traveler dari Wuhan, Tiongkok.

Berdasarkan data United Nations Maret 2018, terdapat banyak negara atau tempat yang menjadi tujuan pengunjung dari Wuhan diantaranya Bangkok, Hong Kong, Tokyo, Singapura, Denpasar Bali, Macau, Dubai, Sydney dan masih banyak negara lainnya.

Masih menurut Menkes, pemerintah terus berupaya untuk mengatasi masalah virus Corona dengan menjaga di pintu pintu masuk negara. Mulai dari Bandara, jalur darat, hingga di pintu pelabuhan.

"Saya akan cek semua termasuk pintu pintu masuk negara sudah saya cek semua. Kita itu Sudah siaga satu ini, enggak ada tidurnya ini , ya," ungkap Menkes. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA