Virus Corona Wuhan

Turis China ke Padang Bikin Masyarakat Panik?

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 28 Januari 2020
share
Menteri Kesehatan(Menkes) RI, Terawan Agus Putranto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kedatangna 170 turis China asal Kunming yang tiba di Padang untuk berwisata membuat masvakarat panik karena terkait dengan virus corona, Wuhan, China.

Mengenai hal tersebut, Menteri Kesehatan(Menkes) RI, Terawan Agus Putranto, menegaskan adanya kekhawatiran di masyarakat semua tergantung dari pemberitaan.

"Ya khawatir kan tergantung berita Anda cara menyajikannya Anda kan posko-posko informasi. Kalau Anda menyajikannya baik, Anda dengan rasionalisasi yang baik maka masyarakat akan menerimanya dengan baik. Tetapi kalau rasionalisasi itu menjadi terarah ke tidak pas pasti munculnya tidak pas. Posko-posko informasi ya ini media, hp kalian, tv dan sebagainya. Saya kira perlu kita bersama-sama melihat secara rasional apa yang harus dilakukan," tegas Menkes Tarawan saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa, (28/01/2020).

Para turis dari china tersebut tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang Sumatera Barat, Minggu, (26/01/2020). Mereka datang dengan tujuan wisata selama enam hari di tengah mewabahnya virus corona di Wuhan, China.

Turis asal China itu kemudian langsung diperiksa untuk dicek dengen menggunakan alat mengukur panas suhu tubuh atau thermal scanner.

Terawan menambahkan, Kementerian Kesehatan RI terus melakukan upaya pencegahan dan penjagaan dengan memastikan pengecekan di pintu - pintu masuk ke Indonesia.

"Kami selalu men-support bagaimana pintu-pintu gerbang dijaga dengan baik," tambahnya.

Menurut informasi yang dihimpun INILAHCOM, para turis dari China tersebut mengunjungi tiga objek wisata di Pariaman, yaitu Rumah Tabuik, Pantai Gandoriah, dan Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB).(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA