Hari Gizi Nasional

Menkes Optimalkan atasi Stunting dan Gizi Remaja

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 28 Januari 2020
share
Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto

INILAHCOM, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke 60, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto, mentik berat kan untuk terus meningkatkan gizi yang optimal untuk para generasi muda, milenial.

"Hari gizi nasional ke 60 dengan tema gizi optimal untuk generasi millenial. Saya percaya bahwa kegiatan ini jadi momentum penting untuk terus kita membuat fenomena baru pertumbuhan pada remaja yang menuntut pemenuhan kebutuhan gizi agar tercapai potensi peetumbuhan yang maksimal," papar Terawan Agus Putranto, Jakarta, Selasa, (28/01/2020).

Pemenuhan gizi optimal pada usia remaja sangat penting. Masalah gizi kurang maupun gizi lebih pada remaja akan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, khususnya risiko terjadinya penyakit tidak menular di usia lanjut antaralain jantung, diabetes militus, maupun stroek.

"Bila masalah gizi yang terjadi di masa remaja berlanjut hingga dewasa dan menikah, akan berisiko terhadap kesehatan janin yang dikandungnya. Sebagai contoh, Ibu yang anemia dan kurang energi kronik, berisiko melahirkan bayi berat badan lahir rendah," tambahnya.

Masih menurutnya, keadaan tersebut juga akan mengakibatkan bayi berisiko stunting, pendek, serta berisiko alami komplikasi saat melahirkan.

"Bayi yang lahir dengan masalah gizi apabila tidak mendapat pola asuh yang tepat, akan menjadi anak- anak dan remaja yang tidak sehat serta pertumbuhan dan perkembangannya terhambat," ujarnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA