Demi Kemajuan Bangsa

Indonesia Butuh Remaja yang Sehat dengan Gizi Baik

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 28 Januari 2020
share
Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, dan kritis, demi kemajuan bangsa. Hal ini akan tercapai bila remaja sehat, dan berstatus gizi baik.

Remaja sehat tidak hanya dilihat dari fisik, tapi juga kognitif, psikologis, dan sosialnya.

"Meningkatkan sumber kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda milenial yang produktif sungguh sangat menjadi harapan ke depan," kata Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, saat ditemui di acara memperingati Hari Gizi, Jakarta, Selasa, (28/01/2020).

Gizi menjadi bagian penting dalam menyiapkan generasi milenial yang unggul di masa depan.

"Harus diingat teori yang ada, pusat imunitas ketahanan tubuh kita ada di pencernaan. Karena itu kalau pencernaan kita baik karena gizi seimbang dan cukup, maka imunitas kita tinggi, sehingga tidak takut dengan virus," tambahnya.

Selain gerakan untuk makan, mengkonsumsi gizi yang seimbang, ingat pula gerakan masyarakat hidup sehat. Masih menurutnya, yang tidak kalah penting adalah tetap lakukan olahraga.

"Olahraga enggak perlu yang berat - berat. Yang ringan saja yang penting bergerak. Olahraga bukan hanya fisik saja, tetapi olahraga fikiran dan hati kita. dengan kita berdoa bersembayang, kita terus mengaji dan membaca hal - hal yang baik itu sama dengan menyehatkan otak, batin kita dan fisik kita juga sehat," tambahnya.

Gizi yang seimbang jangan berhenti di isi piringku tapi harus lanjut menjadi isi perutku.

"Kalau isi piringku saja, nanti yang makan orang lain. Tetapi kalau isi perutku, pasti kita makan sendiri, jadi harus ingat isi perutku harus lanjut jadi isi perutku," ujarnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA