Perhatikan Isi Piringku untuk Penuhi Gizi Harian

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Selasa 28 Januari 2020
share
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta -Ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Prod. Dr. Hardinsyah, MS memaparkan kesadaran pemenuhan gizi bisa dibiasakan sejak dini.

"Dimulai dari piring saat makan dengan menyeimbangkan porsi makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah, lalu membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, melakukan kegiatan fisik dan minum susu," kata Hardinsyah saat ditemui di acara Frisian Flag Indonesia di Graha Ceger, Jakarta Timur, baru - baru ini.

Masih menurutnya, anjuran porsi isi piringku harus diperhatikan. Mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah dan air putih.

"Makanan pokok misalnya beras, singkong, talas, jagung, roti, mie, dan lainnya. Porsinya adalah 2/3 dari 1/2 piring," kata Hardinsyah.

Kemudian, lauk pauk bisa diisi dengan tahu, tempe, telur, ayam, ikan, daging, susu, dan lainnya. "Porsinya adalah 1/3 dari 1/2 piring," tambahnya.

Buah - buahan juga harus dikonsumsi dengan rutin setiap hari. Anda bisa memilih repaya, mangga, jeruk, pisang, dan lainnya. Porsinya sama dengna lauk pauk, yaitu 1/3 dari 1/2 piring.

Sayur yang tidak boleh ketinggalan dari porsi isi piringku. Beragam aneka sayur bisa menjadi pilihan Anda untuk menu sehari - hari. Anda bisa memilih bayam, kangkung, daun singkong, sawi, kol, wortel, dan lainnya. Porsi ini sama dengan makanan pokok, yatu 2/3 dari 1/2 piring.

Tidak kalah penting adalah membatasi diri dari konsumsi berlebihan gula, garam, dan lemak. Ada baiknya, lanjut Hardinsyah, setiap kali makan, memperhatikan konsums gula, garam. Dan lemak.

"Maksimal konsums gula, garam, lemak, adalah gula 1 sendok makan, garam 1/3 sendok teh, lemak 1-2 sendok makan," tambahnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA