Ini Kebutuhan Anak Adopsi dari Orangtua Angkat

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 05 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Apakah benar stigma terkait kedekatan antara orangtua dan anak kandung akan berbeda dengan antara orangtua dan anak adopsi?

Menurut psikolog Sali Rahadi Asih, M.Psi, MGPCC, Ph.D, setiap situasi dalam keluarga, harus benar - benar diperhatikan oleh orangtua. Sebagai orangtua, harus bisa membangun kedekatan kepada anak adopsi agar memberikan rasa yang aman dan nyaman.

"Attachment (kedekatan) itu harus dipupuk. Tidak hanya dengan anak adopsi, dengan anak kandung pun harus dipupuk. Dalam artian, pada saat anak memang butuh sesuatu, orang tuanya bisa menyediakannya," kata Sali seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Rabu, (05/02/2020).

Kebutuhan psikologis, primer, dan rasa aman harus diberikan oleh orang tua. Anak adopsi pun harus diberikan pemahaman bahwa sekarang ini ia dan orang tuanya menjadi satu keluarga yang saling menyayangi, bertanggung jawab akan satu sama lain, dan bisa bergantung dengan orang tuanya.

"Saya bertemu beberapa kasus beberapa orang tua sudah memiliki anak, lalu setelah beberapa lama mengangkat anak. Kebetulan, anak yang diangkat jauh lebih penurut. Jadi, (orang tua) lebih dekat dengan anak adopsinya," tambah Sali. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA