Cepatnya Penularan Virus

Satu Menit, Orang Pegang Hidung dan Mata Dua Kali

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 10 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pernahkah Anda sadari, dalam satu menit kebanyakan orang memegang hidung dan mata sebanyak dua kali.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, pada temu media di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin, (10/02/2020).

"Coba deh perhatikan, orang sering memegang Daerah T, yaitu mata dan hidung setiap menit. Pasti minimal dua kali, dan lebih," kata Achmad Yurianto.

Tangan menjadi tempat berkumpulnya kuman. Jika tidak melakukan PHBS (Perlilaku Hidup Bersih Sehat) seperti cuci tangan setelah berpergian, sebelum makan, dan lainnya, agar tetap higienis, maka hal ini dengan cepat perpindahan virus dari satu tempat ke tempat lain.

Hal tersebut juga bisa terlihat dari penularan virus corona (2019-nCoV). Menurut Achmad Yurianto, penularan virus akan terjadi jika terdapat sumber confirm yang positif terkena virus tersebut.

"Sepanjang tidak ada yang confirm positif, ya enggak mungkin ada penularan. Mau penularan dari mana," ujar Achmad.

Masih menurutnya, penularan akan masuk melalui saluran nafas dan masuk dalam selaput mukosa hidung. Bagaimana kemudian dia menular ke orang?

"Saat droplet atau bersin dan bantuk. Ini tentunya Ada kontak dekat. Enggak mungkin batuk sampai 10 kilometer. Artinya kontak dekat. Yang harus diajarkan kepada orang itu etika batuk, karena ketika mereka batuk dan pilek itu pakai masker," tambahnya.

Etika batuk dan pilek sangat penting dilakukan agar tidak menular dengan orang lain. Hal yang lain kerap dijumpai di kehidupan sehari - hari adalah ketika orang bersin dan batak tidak menggunakan masker. Kemudian ditutupi oleh tangannya.

"Contohnya, ketika nail kereta. Transfer droplet itu transfer lewat tangan. Misal, di kendaraan umum enggak pake masker, batuk dan dipegang tangan, terus turun dari angkutan umum, kemudian saya pegang bekas yang dia pegang tadi itu nanti tertular. Kemudian saya dikasih gorengan dan makan, akhirnya sukses tertular. Karena virus tersebut sudan masuk dalam tubuh. Itu lah yang dimaksud pentingnya cuci tangan sebelum makan," paparnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA