Atasi Penyebaran Virus Corona (2019-nCoV)

WNI di Natuna Sempat Alami Gatal - Gatal

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 10 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Tidak ditemukan gejala flu, tetapi ada WNI yang diobservasi dari Wuhan, China, yang sedang menjalani karantina di Natuna, mengalami gatal - gatal.

"Kemudian memang ada beberapa keluhan beberapa hari lalu, tapi tidak berkaitan dengan hal itu (gejala flu), beberapa muncul gatal-gatal," papar Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin, (10/02/2020).

Masih menurutnya, gatal - gatal tersebut disebabkan karena sumber air yang berada di tanggul bawah tanah. Masalah air tersebut, masih menurutnya, sudah teratasi dengan membangun toren air yang memiliki kapasitas menampung air bersih dalam jumlah banyak.

"Ini karena memang kita kurang mewaspadai tangki bawah tanah, yang memang existing untuk kebutuhan mandi dll. ternyata kotorannya naik ke atas, ini yang menjadi mereka jadi gatal. Kita bikin tanggul baru di atas. sekarang sudah teratasi," paparnya.

Memasuki hari kedelapan masa karantina 238 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China dilaporkan dalam keadaan sehat.

Mereka kerap menjalani masa karantina selama 14 hari Bersama tim dari Kementerian Kesehatan RI dan juga anggota TNI. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA