Terkait Virus Corona (2019-nCoV)

Kemenkes Pantau WNI di Kapal Pesiar Jepang

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 10 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Warga Negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar Jepang dilaporkan dalam keadaan sehat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terus memantau WNI yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) di kapal Jepang.

Dua kapal pesiar, yaitu The Diamond Princess dan Dream World mengalami dampak dari penyebaran Virus Corona.

"ABK Kapaldi Jepang, KBRI sudah berkomunikasi dengan otoritas Jepang bahwa mereka dalam keadaan sehat dan tetapi harus menjalankan karatina dalam 14 hari," kata Yuri saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin, (10/02/2020).

Yuri menambahkan, langkah tersebut sangat tepat. Pihak Indonesia mempercayakan sepenuhnya hal tersebut kepada otoritas Jepang.

"Dan kita sepenuhnya mempercayai dan menyerahkan otoritas kesehatan negara yang bersangkutan menjalankan treatment. Jadi Tidak ada intervensi dari kita,pemantauan dilakukan perwakilan di sana dan kita hanya mendapatkan informasi," tambahnya.

Di kapal pesiar Diamond Princess yang kini menepi di Jepang, tepatnya di Yokohama, ditemukan adanya 41 kasus positifvirus corona (2019-nCoV).

Pada kapal itu pun juga terdapat 78 WNI yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK). Seluruh WNI di sana berada dalam kondisi sehat dan dinyatakan negatif terinfeksi Virus Corona.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA