Tips Atasi Sakit Maag dengan Cepat

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Rabu 12 Februari 2020
share
(Foto: Inilahcom/Mia Umi Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Berbicara mengenai resiko maag, generasi paling rentan terkena maag adalah generasi muda yang produktif.

Alasannya tentu karena lifestyle yang mereka jalani seperti stres yang didapat dari pekerjaan hingga masalah percintaan, lembur, merokok, makan tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang pedas dan berminyak, juga rutin minum kopi.

"Hal-hal ini meningkatkan resiko mengalami perihnya sakit maag," kata Dr Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, saat ditemui di acara #SobatPerih di Fore Citywalk, Jakarta, Tabu, (12/02/2020).

Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa tips yang bisa disimak ketika mengetahui diri sudah memiki penyakit maag.

"Jika sudah tahu memiliki penyakit maag, segera diatasi. Jangan sampai mengganggu aktivitas," tambahnya.

Helmin juga menambahkan, untuk mengatasi sakit maag, bisa langsung mengkonsumsi obat. Jika memang sudah terbiasa mengkonsumsi obat yang bebas dijual di pasaran, bisa digunakan dengan baik.

"Tentunya, harus memperhatikan cara penggunaan obat dengan tepat," paparnya.

Agar tidak mudah kambuh, para pengidap penyakit maag harus tahu pencetus sakit tersebut.

"Harus dicari pencetusnya, misalnya karena kopi. Kalau sudah terbiasa minum kopi, ya sebelum minum kopi harus makan dulu. Lifestyle harus teratur, jangan suka skip sarapan dan makan siang," ujarnya.

Jika tidak terbiasa makan teratur, bisa juga disiasati dengan konsumsi makanan sedikit demi sedikit, supaya bisa masuk makanan ke dalam perut.

"Sedikit sedikit bisa makan. Makanan pedas dan kopi harus dibatasi. Rokok juga harus stop," tegasnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA