Gelar Pernikahan

Calon Pengantin Habiskan Banyak Uang untuk Makanan

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 13 Februari 2020
share
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menggelar pernikahan adalah hal yang sangat diidamkan bagi setiap calon pengantin.

Menggelar pernikahan pastinya memakan biaya yang tidak sedikit. Dari total dana yang dikeluarkan, kebanyakan tersita untuk menyediakan menu makanan.

Ketua Umum Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan (Hastana) Gandi Priapratama mengatakan saat ini untuk menggelar resepsi pernikahan setidaknya menghabiskan dana diatas ratusan juta rupiah per satu acara. Bahkan, bagi kelas atas bisa mencapai miliaran rupiah.

"Sebagian besar atau sebanyak 70-80 persen dari dana resepsi diperuntukan makanan atau catering," kata Gandi Priapratama, di sela konferensi pers Indonesia Wedding Business Summit (IWBS) 2020 di Jakarta, baru - baru ini.

Sedangkan selebihnya baru untuk perlengkapan resepsi pernikahan lainnya.Tidak jarang, banyak orang yang kini memilih tempat pernikahan yang unik. Misalnya, di tempat wisata dan mengusung tema outdoor.

Acara yang digelar pun lebih intim. Tidak banyak mengundang orang, tetapi keluarga inti hadir dalam mendukung kesakralan acara pernikahan.

Menurut Gandi, yang paling bersaing saat ini di industri pernikahan adalah industri creatif esperti video dan fotografi.

"Mengingat dalam industri pernikahan banyak yang terlibat. Mulai dari usaha kuliner, rias dan gaun pengantin, produksi dan dekorasi, video & fotografi, merchandise dan masih banyak lagi," tambahnya.

Untuk itu, lanjut Gandi, pihaknya bersama dengan Indonesia Professional Organizers Society (IPOS) menggelar sebuah forum bisnis (B2B) industri pernikahan pertama di Indonesia, yaitu Indonesia Wedding Business Summit (IWBS) 2020 pada 11-12 Februari 2020 di Jakarta.

Dengan melibatkan lebih dari 200 orang peserta delegasi dari perusahaan Wedding Organizer, Wedding Planners, Suppliers dan industri perhotelan terkemuka di Indonesia.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA