Siasat Cantik Agar Pasien Tak Takut ke Dokter Gigi

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 21 Februari 2020
share
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Selain berbicara soal estetika, kreatifitas untuk menciptakan konsep yang menarik pada klinik gigi kekinian juga berperan cukup besar.

Hal tersebut juga dapat membantu menghilangkan rasa ketakutan yang dimiliki pasien ketika masalah gigi merasa takut.

"Seperti yang kita tahu, sekarang itu klinik gigi berlomba-lomba menciptakan konsep pelayanan atau marketing yang menarik. Bisa dibilang kekinian. Mereka juga mulai approach pasien lewat media sosial yang dekat dengan si pasien, sehingga rasa takut di awal tadi berkurang karena banyak informasi yang diberikan," papar Andy Wirahadikusumah, Sp. Pros saat ditemui di Cobra Dental, Jakarta, baru - baru ini.

drg. Oktri Manessa selaku Founder dari OMDC salah satu klinik gigi dengan konsep unik dan menarik Bersama suami, Toto Syarief Hidayatulloh, memutuskan untuk melakukan survey kepada masyarakat dengan pertanyaan,"kenapa Anda tidak pergi ke dokter gigi?".

Mereka menemukan tiga fakta bahwa pandangan masyarakat mengenai pergi ke dokter gigi identik dengan Mahal, Takut, dan Malas Antre.

"Sejak saat itu, kami mengembangkan konsep dan inovasi untuk memberikan solusi bagi ketiga keresahan masyarakat tersebut," ujar Oktri.

Berangkat dari masalah tersebut, lahirlah OMDC yang mengusung misi sosial, yaitu membuat senyum seluruh lapisan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dengan menghadirkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut lewat harga yang terjangkau.

"Mengusung konsep tematik yang unik dengan warna serba fuchsia dan fasilitas yang nyaman, hingga adanya sistem reservasi yang terjadwal, sehingga mempermudah pasien untuk menyesuaikan waktu dengan jadwal dokter dan tindakan". ujar drg. Oktri.

Keterampilan dari para praktisi juga jadi hal yang sangat penting. Pasien akan merasa aman jika praktisi yang menangani mereka adalah dokter gigi yang berpengalaman dan kredibel di bidangnya.

Selain itu, faktor lain yang dapat membuat klinik gigi semakin digemari adalah adanya teknologi canggih dan modern yang dimiliki dan alat-alat dan bahan kedokteran gigi yang sudah teregistrasi resmi Kementerian Kesehatan RI melalui pertner penyedia yang handal dan terpercaya dari klinik tersebut.

Cobra Dental adalah salah satu perusahaan penyedia alat kesehatan gigi dan mulut terbesar di Indonesia yang telah menjadi partner untuk para klinik dan dokter gigi selama 40 tahun.

"Sebagai partner setia bagi para dokter gigi, Cobra Dental yang telah teruji sebagai penyedia alat kesehatan gigi dan mulut berkualitas baik serta legalitas terjamin, percaya bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Adrian Susanto selaku CEO dari Cobra Dental, Jakarta, baru - baru ini.

Karena itu, pihaknya berkomitmen untuk terus menjadi partner bagi klinik dan dokter gigi dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat, juga awareness mereka untuk datang ke dokter gigi jika ada keluhan tanpa perlu takut.

"Caranya adalah dengan menyediakan alat dan bahan kesehatan gigi dan mulut berkualitas baik dan berteknologi modern, serta mendukung pengembangan Pendidikan Kedokteran Gigi di Indonesia secara maksimal," ujarnya.

Pada tahun 2020 ini genap menjadi 40 tahun berdirinya Cobra Dental di Indonesia. Dalam merayakan 40 tahun menjadi partner setia dan terpercaya klinik dan dokter gigi, Cobra Dental menyelenggarakan seminar dan talkshow sebagai dukungan atas pengembangan pendidikan kedokteran gigi di Indonesia.

Menurut Drg. Oktri Di Indonesia ada banyak supplier dan beberapa distributor alat bahan kedokteran gigi. Yang harus diperhatikan dalam memilih distributor mulai dari ketersediaan stok yang berkelanjutan, bisa memberikan faktur pajak, waktu kadaluarsa, dan yang sangat penting adalah ijin AKL yang menjadi syarat legalitas suatu alat dan bahan.

"Alhamdulillahnya saya sudah menjadi member Cobra dari 8 tahun lalu sejak OMDC berdiri dan selalu mendapatkan support yang sangat baik dengan didukung oleh jaringan di lebih dari 40 cabang di seluruh Indonesia." Ujar drg. Oktri.

Cobra Dental menyediakan semua alat kesehatan gigi dan mulut berkualitas unggul baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Cobra Dental juga sudah tergabung dalam Perigi (Perkumpulan Industri Gigi & Mulut Indonesia) dan Gakeslab (Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratrium). Cobra Dental juga bekerjasama dengan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) dan Kementerian Kesehatan untuk saling berkontribusi dalam program CSR Indonesia Bebas Karies 2030.

"Pada acara kali ini, kami mengundang mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Gigi dari Universitas ternama di Jakarta dan juga dokter gigi. Tetapi kami berharap acara serupa dapat dilakukan di kota lain juga agar komitmen Cobra Dental untuk menyebarkan informasi terkait pentingnya kesehatan mulut dan gigi, serta cara memilih dan memiliki alat berkualitas tinggi bisa merata ke seluruh penjuru Indonesia," ungkap Adrian Susanto.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA