Atasi Penyebaran Virus Corona (COVID 19)

Daya Tahan Tubuh Kuat, Usir VIrus Corona

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 27 Februari 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Staff Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan dr. Alexander K. Ginting menjelaskan daya tahan tubuh menjadi kunci untuk menghadapi virus corona (COVID 19).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, menjaga etika batuk, mengonsumsi makanan sehat serta meningkatkan kekebalan tubuh dengan perbanyak vitamin.

Sistem kekebalan tubuh pada orang dapat berbeda disebabkan oleh faktor usia pola makan dan gaya hidup, disinilah peran vitamin dan suplemen makanan dapat mengambil peran.

"Tubuh memiliki sistem pertahanan mandiri, sebagai mekanisme alami untuk melawan masuknya benda asing dari luar, seperti virus, bakteri, jamur. Bila daya tahan tubuh lemah, maka virus, bakteri dan jamur akan mudah masuk," kata Alexander, Jakarta, baru - baru ini.

Suplemen dan vitamin juga perlu dikonsumsi terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Setidaknya untuk asupan harian, banyak ahli nutrisi dan kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya Vitamin C: 3,000 milligram per hari, vitamin D3, Magnesium 400 mg per hari, Zinc 20 mg perhari dan selenium 100 mikrograms," ujar dr. Alexander.

Edukasi terkait gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi vitamin dan nutrisi seimbang terus dilakukan oleh APSKI (Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI) dan konsumen.

Tindakan pencegahan dengan menjaga daya tahan tubuh akan menjadi penting dalam menanggulangi penularan berbagai penyakit.

"Untuk itu, kami berkomitmen untuk terus melakukan upaya edukasi guna menanggulangi berbagai penyakit dan berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera," papar Ketua APSKI, Patrick Kalona.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA