Besarnya Potensi Fesyen Muslim Indonesia

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Kamis 27 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Besarnya potensi fashion muslim tanah air diungkap Muhammad Khayam, Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil, Kementerian Perindustrian RI. Seberapa besar potensinya?

Dia menjelaskan, kekayaan alam dan dukungan industri hulu tekstil menjadi modal paling besar yang didukung pula oleh kreativitas dan inovasi para desainer yang semakin diakui dunia internasional.

"Ekspor fashion Indonesia mengalami peningkatan, dari terakhir tahun 2019 mencapai US$13,42 miliar dengan US$383 juta diekspor ke negara-negara OKI. Di antara anggota OKI, Indonesia berada pada urutan keempat sebagai eksportir fashion," jelas Muhammad Khayam pada acara Dialog di MUFFEST hari terakhir (23/02).

Lebih rinci, Muhammad Khayam juga menjelaskan bahwa laju pertumbuhan industri pakaian jadi meningkat dan mencapai 15,35 persen pada tahun 2019.

"Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dianggap mampu menjadi penghasil devisa cukup besar dan termasuk sektor padat karya yang mampu menyerap tenaga kerja 3,73 juta orang," tambahnya.(tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA