Saluran Pernapasan Anak Rentan Terkena Virus

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Jumat 28 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Saluran pernapasan bagian atas, terutama pada anak merupakan organ tubuh yang paling mudah terpapar virus, seperti influenza.

Dokter Spesialis Anak, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A (K) menjelaskan, dibandingkan orang dewasa, anak kecil lebih mudah terserang virus karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna.

"Orang tua harus menjaga saluran pernapasan atas anak agar tidak mudah tertular selesma atau common cold," kata Nastiti saat ditemui di acara Peluncuran BETADINE Natural Series, Jakarta, Kamis, (27/02/2020).

Seringkali anak mendapatkan pengobatan antibiotik yang tidak perlu karena gejala selesma, padahal selesma dapat sembuh dengan sendirinya.

Riset menunjukkan Iota Carrageenan memberikan benefit terhadap infeksi virus saluran pernapasan dengan cara mengikat dan menjebak virus di dalam rongga hidung, sehingga virus tidak dapat melekat pada mukosa dan bermultiplikasi.

"Studi menunjukkan Iota Carrageenan dapat mengurangi jumlah virus, durasi gejala, dan kekambuhan sehingga dapat digunakan sebagai alternatif menghadapi infeksi virus flu atau penyebab selesma lainnya," tambahnya. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA