Aktivitas Fisik Atasi Anak dari Kecanduan Gawai

IN
Oleh inilahcom
Rabu 26 Februari 2020
share
(foto: istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Gadget atau gawai belakangan menjadi masalah berat bagi orangtua. Banyak, orangtua mengeluh gawai telah membuat anak-anak kecanduan sehingga susah diajak komunikasi dan bersosialisasi.

Perihal itu, desainer Nina Septiana yang merupakan CEO sekaligus founder dari label Nina Nugroho menggelar kegiatan diskusi dengan tajuk "Aktivitas Fisik Atasi Anak Kecanduan Gadget". Diskusi atau sharing solution ini menghadirkan pakar Kids Ability Maximizer Rizqi Pirmansyah.

Diskusi ini selain memberikan edukasi juga membantu mencarikan solusi-solusi dari permasalahan yang dialami para orangtua, khususnya para pelanggan setia Nina Nugroho.

Menurut Pakar Kids Ability Maximizer Rizqi Pirmansyah, hasil riset yang dilakukan pihaknya juga menunjukkan bahwa gadget menjadi masalah yang paling menonjol di kalangan para responden.

"Kita sudah melakukan riset, apa sih yang paling menyakitkan saat ini ? Dari banyaknya responden, hasilnya adalah gadget," katanya kepada awak media, di kawasan Jakarta Timur, Rabu (26/2/2020).

Rizqi menuturkan, gawai memang memiliki manfaat bagi para penggunanya, termasuk anak-anak. Namun pada sisi lain juga berdampak negatif yang cukup besar pada anak. Seperti tumbuh kembang anak jadi tidak optimal, tidak memiliki daya kemampuan hidup ketika dewasa, hingga mengalami gangguan mental.

"Gadget di satu sisi memberikan dampak yang positif, tapi pada sisi lain membuat kita khawatir ke depannya. Gadget dapat menyebabkan anak sakit jiwa bahkan membunuh dalam sebuah kasus kita temukan. Dan itu menjadi kegelisahan," ujarnya.

"Apa sih yang menjadi concern kita ketika anak sudah candu gadget. Mereka tidak optimal perkembangannya, mereka tidak punya kemampuan hidup ketika mereka dewasa dan mengalami gangguan mental," paparnya.

Kalau pun terpaksa memberikan gawai ke anak, Rizqi menyarankan tidak boleh lebih dari 2 jam dalam sehari. Karena jika lebih dari itu, maka dampak negatifnya yang akan lebih menonjol dibanding manfaatnya.

"Maksimal anak usia 3 sampai 6 tahun itu menggunakan gadget 2 jam dalam sehari. Lebih dari itu syarafnya bisa bermasalah," urainya.

Sementara itu, Nina Septiana mengatakan sharing session akan terus dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali guna mendekatkan diri kepada para costumer. Dan salam setiap sesinya, memiliki tema berbeda-beda seputar keluarga, karir dan gaya hidup sehat.

"Ini kami hadirkan dengan tujuan memberikan apresiasi yang sebesarnya kepada customer Nina Nogroho. Kami berikan berupa kajian ilmu untuk customer. Karena pasti banyak hal yang perlu dicarikan solusinya. Supaya para profesional muslimah juga punya tempat untuk sharing dan mencari solusinya dari pakar di bidangnya," demikian Nina.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA