Inovasi Kandang Es Krim Agar Anak Suka Makan Sayur

MU
Oleh Mia Umi Kartikawati
Senin 02 Maret 2020
share
(inilahcom)


INILAHCOM, Cianjur - Membiasakan anak - anak untuk mengkonsumsi sayuran memang tidak mudah. Namun, ada banyak cara menarik agar anak mau dan terbiasa konsumsi sayuran.

Salah satu terobosan baru yang jarang ditemui adalah, inovasi es krim yang dipadukan dengan sayuran. Menariknya, pemilik Kandang Es Krim, Resdiana, memadukan es krim dengan brokoli.

"Ini memang unik. Karena saya berpikir, di daerah ini yang sangat agraris, saya sangat miris kenapa anak - anak tidak suka sayuran sama sekali. Mereka lebih memilih makanan instan dan makanan ringan yang mengandung banyak pengawet," kata Resdiana, Cianjur, Jawa Barat, baru - baru ini.

Untuk membuat es krim dengan campuran brokoli, Resdiana membutuhkan satu liter susu sap perah hasil dari peternakannya kemudian dengan setengah kilogram brokoli.

"Agar tidak basi, brokoli Sebelum dicampurkan dengan susu, harus dikukus terlebih dahulu. Kemudian dihancurkan," tambahnya.

Terobosan ini justru dinilai berhasil. Anak - anak menyukai es krim dengan kombinasi brokoli. Campuran susu hasil perahan pun tidak menimbulkan rasa eneg. Resdiana menjelaskan, ada teknik yang tepat agar aroma susu asli tidak terlalu menyengat ketika dijadikan es krim.

"Saya godok di atas air mendidih. Di atas 73 derajat dan masukkan susu selama 15 menit," paparnya.

Meski hanya usaha rumahan, usaha kandang es krim ini mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak lepas dari bantuan para mahasiswa dan mahasiswi dari universitas Prasetia Mulya.

Menurut Felicia christabel yang sedang menjalankan program studi di Prasetia Mulya menjelaskan, saat menjalankan Comunity Development untuk pendampingan UMKM, selama dua minggu lalu sudah mencoba berbagai cara agar varian rasa susu tidak memiliki tingkat kemansan yang tinggi.

Kontribusi para mahasiswa dan mahasiswi dari universitas Prasetia Mulya juga sangat nyata. Mereka juga terus berusaha menjualkan produkter kandang es krim ke anak - anak dan memberikan edukasi secara langsung.

"Untuk yang rasa sayuran penjualannya ke sekolah - sekolah. Kami memberikan edukasi kepada anak - anak secara langsung, apa manfaat konsums sayuran. Kemudian, anak - anak bisa konsumsi makanan sehat dari sisi lain.

Selain es krim rasa brokoli, varian rasa lainnya yang ditawarkan adalah rasa cokelat, strowberry, buah beat, vanila, dan masih banyak lagi. (tka)

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA